Jokowi: Indonesia Akan Kirim Bantuan Ke Palestina Pakai Pesawat Hercules

Nusantaratv.com - 08 Maret 2024

Presiden RI Joko Widodo meninjau Alutsista TNI AU di Lanud Iswahjudi, Madiun
Presiden RI Joko Widodo meninjau Alutsista TNI AU di Lanud Iswahjudi, Madiun

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa Indonesia akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Rakyat Palestina di Gaza melalui jalur udara. 

Pengiriman bantuan tersebut akan dilakukan dengan menggunakan pesawat Hercules.

Jokowi menjelaskan bahwa ia telah meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Jumat (8/3). 

Dalam simulasi tersebut, pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo meninjau Alutsista TNI AU di Lanud Iswahjudi, Madiun

"Indonesia merupakan salah satu negara yang diberikan kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke rakyat Gaza dan Palestina melalui udara dengan pesawat Hercules," kata Jokowi.

Sebelumnya, bantuan internasional menuju Gaza disalurkan lewat Rafah yang berbatasan dengan Mesir. Namun, jalur tersebut semakin tertutup oleh agresi Israel. 

“Karena (bantuan) lewat darat juga sangat sulit,” lanjutnya.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan pengiriman bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close