Jokowi Harap Zakat Fitrah Disalurkan Tepat Sasaran

Nusantaratv.com - 14 Maret 2024

Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram Jokowi)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Instagram Jokowi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo mendorong Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk memastikan dana zakat yang terkumpul disalurkan secara tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Dalam acara Penyerahan Zakat kepada Baznas di Istana Negara, Jakarta, Jokowi mengungkapkan harapannya agar zakat yang dikeluarkan dapat menyempurnakan ibadah Ramadhan dan meningkatkan ketakwaan umat Islam kepada Allah SWT.

"Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah Ramadhan, kita meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT," kata Jokowi yang dikutip dari Antara.

Jokowi menjelaskan bahwa zakat adalah kewajiban setiap umat Islam sebagai bentuk syukur atas berkah yang tak terhingga dari Allah. Selain itu, ia juga mengucapkan syukur atas diberikan kesempatan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan berharap agar umat Islam dapat memperbanyak amalan kebaikan seperti berinfaq, bersadaqah, dan berzakat.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional. (Foto: Instagram Jokowi)

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima penghargaan dari Baznas atas peran keduanya dalam meluncurkan Gerakan Cinta Zakat yang berpengaruh besar pada kinerja pengumpulan zakat secara nasional.

Baznas menargetkan pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) selama Ramadhan 1445 Hijriah/2024 sebesar Rp430 miliar, yang merupakan 43 persen dari target pengumpulan selama setahun yang mencapai Rp1 triliun.

"Untuk Baznas pusat kita targetkan Rp430 miliar," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (8/3).

Noor juga mendorong Baznas daerah untuk mengumpulkan sebesar 43 persen dari perolehan per tahun. Secara keseluruhan, pengumpulan zakat, infak, dan sedekah dari semua lembaga amil zakat selama 2024 ditargetkan mampu menembus angka Rp41 triliun, mengalami peningkatan signifikan dari realisasi pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp33 triliun.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close