Jokowi Duga Kuat Ada Perdagangan Orang Terkait Pengungsi Rohingya

Nusantaratv.com - 08 Desember 2023

Presiden Jokowi. (Net)
Presiden Jokowi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa pengungsi Rohingya makin banyak masuk ke Aceh. Jokowi mendapat laporan bahwa ada dugaan kuat tindak pidana perdagangan orang (TPPO) perihal pengungsi Rohingya ini.

"Saya memperoleh laporan bahwa pengungsi Rohingya yang semakin banyak yang masuk ke wilayah Indonesia terutama ke Provinsi Aceh," ujar Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/12/2023).

Jokowi mengatakan diduga ada keterlibatan jaringan TPPO terkait masuknya pengungsi Rohingya. Ia mengatakan pemerintah akan menindak tegas TPPO.

"Terdapat dugaan kuat ada keterlibatan jaringan tindak pidana perdagangan orang dalam arus pengungsian ini. Pemerintah Indonesia akan menindak tegas pelaku TPPO," kata dia. 

Jokowi turut menyinggung soal bantuan sementara kepada pengungsi. Ia mengatakan bantuan akan diberikan dengan mengutamakan kepentingan masyarakat lokal.

"Dan bantuan kemanusiaan sementara kepada pengungsi dengan mengutamakan kepentingan masyarakat lokal," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close