Jokowi Direncanakan Hadiri Peletakan Batu Pertama Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan

Nusantaratv.com - 21 Mei 2022

Lapangan Merdeka Medan/ist
Lapangan Merdeka Medan/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan bakal menghadiri 
acara peletakan batu pertama revitalisasi Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, pada awal Juli 2022 mendatang.

"Ini masih kita wacanakan. Karena kebetulan pak Jokowi akan menghadiri Hari Keluarga Nasional pada 29 Juni nanti di Medan. Kalau memungkinkan nanti pak Wali akan memohon bapak presiden bisa memanfaatkan waktunya untuk peletakan batu pertama revitalisasi Lapangan Merdeka Medan," ungkap Kadis PKPPR Endar Sutan Lubis, Jumat (20/5/2022).

Endar menjelaskan, gambaran konsep Lapangan Merdeka yang baru nantinya akan memiliki basement untuk menampung semua tenant dan menjadi lahan parkir, sehingga tak ada bangunan yang ada di atas Lapangan Merdeka.

"Konsepnya nanti semua bangunan di Lapangan Merdeka nanti akan ditiadakan kecuali bangunan untuk upacara. Kemudian untuk menampung kegiatan yang ada di Lapangan Merdeka akan dibangun di basement," jelas Endar.

"Nanti semuanya akan di bawah basement termasuk parkir, jadi tidak ada lagi boleh parkir di luar situ, semua harus parkir di bawah tanah," imbuhnya.

Endar lebih lanjut menerangkan, nanti akan ada dua akses pintu masuk menuju basement Lapangan Merdeka yaitu dari arah Jalan Pulau Pinang dan Jalan Bukit Barisan.

"Yang mana nanti jalan masuk dan keluarnya sedang dibuat nanti kajian lalu lintasnya dari Dinas Perhubungan," tutur Endar.

Semua bangunan nantinya akan dipindahkan mulai dari PKL hingga gedung-gedung pemerintahan.

"Semua yang ada disitu nanti akan pindah. Yang tetap nanti yaitu gedung Polisi Lalu Lintas. Cuma nanti dibuat gedungnya ke bawah (basement). Nanti hanya ada panggung rakyat di atas, tidak ada bangunan konstruksi yang permanen. Tugu proklamasi nanti akan tetap, dipercantik lagi nanti tugunya," terang Endar.

Endar mengatakan proses pembangunan akan dimulai pada awal bulan Juli mendatang dengan waktu satu bulan pengadaan barang dan jasa.

"Minggu depan pengadaan barang dan jasa akan kita ajukan ke ULP untuk kita tenderkan dan akan kita peroleh siapa pemenangnya. Ya di bulan Juli akan ditargetkan untuk dimulai," kata Endar.

Direncanakan, revitalisasi Lapangan Merdeka akan rampung total pada awal tahun 2024. 

"Direncanakan akhir tahun ini selesai bangunan konstruksi. Siap secara total pada awal tahun 2024," sebutnya, mengutip tribunnewscom.

Dana yang dibutuhkan untuk revitalisasi Lapangan Merdeka mencapai Rp400 miliar yang bersumber dari bantuan keuangan provinsi dan APBD Kota Medan tahun 2023.

Endar menambahkan revitalisasi ini sebagai upaya dan harapan Wali Kota agar Lapangan Merdeka dikembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau dan sebagai tempat bersejarah.

"Supaya kesakralan itu tetap terjaga. Kemudian ini bisa menjadi tempat rekreasi masyarakat kota Medan di hari libur karena nanti di atas nanti ada permainan anak dan air mancur di tengah kota," pungkas Endar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close