Jokowi Bertolak ke Hiroshima, Hadiri KTT G7 hingga Dijadwalkan Bertemu Pengusaha Besar Jepang

Nusantaratv.com - 19 Mei 2023

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana bertolak ke Jepang, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/05/2023). (Humas Setkab/Jay)
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana bertolak ke Jepang, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/05/2023). (Humas Setkab/Jay)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana dan rombongan terbatas bertolak ke Hiroshima, Jepang, Jumat (19/5/2023).

Salah satu agenda Kepala Negara adalah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dengan negara-negara mitra atau G7 Outreach Summit tahun 2023.

"Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat ke Hiroshima di Jepang dalam rangka menghadiri undangan Presiden G7 yaitu Perdana Menteri Kishida Jepang," ujar Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Menurut orang nomor satu di Tanah Air itu, di dalam pertemuan G7 akan dibahas berbagai permasalahan global seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya. Jokowi menyebut Indonesia ingin berkontribusi di bidang-bidang tersebut.

"Indonesia akan membawa suara dari global south yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja. Jadi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu," lanjutnya.

Selain menghadiri KTT G7, Jokowi juga diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara. Dia juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dalam format forum bisnis.

Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.00 WIB. Jokowi direncanakan tiba kembali di Tanah Air pada Minggu, 21 Mei 2023.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])