Jokowi Berikan Hadiah Sepeda MTB Motif Merah Putih kepada 7 Peraih Busana Adat Terbaik

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2024

Hadiah sepeda untuk undangan yang mengenakan busana adat terbaik saat HUT ke-79 RI di IKN/ist
Hadiah sepeda untuk undangan yang mengenakan busana adat terbaik saat HUT ke-79 RI di IKN/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Presiden Joko Widodo melanjutkan tradisi memberikan hadiah sepeda kepada peserta yang memakai busana adat terbaik dalam perayaan HUT RI. 

Pada HUT ke-79 RI yang diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) ada tujuh unit sepeda yang dibagikan kepada peserta berbusana adat terbaik. 

Ketujuh orang yang beruntung mendapat hadiah sepeda dari Jokowi, antara lain, Dona Chandra Ginting, Muaipah Yuliana, Abi Manyu Arlindiato, Lilis Suriani, Edi Sofyan, Uswatun Hasanah, dan Ibu Lanyala Mataliti.

"Saya tidak menyangka dapat penghargaan ini. Baju adat ini dibuat dari kulit asli dan ini baju adat dari Kabupaten Lamandau," kata Lilis Suriani dikutip dari Antara. 

Lilis yang kini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Lamadau mengaku terkejut atas keputusan panitia memilih busana yang ia kenakan sebagai salah satu yang terbaik dari 1.500 tamu undangan.

Hal serupa disampaikan Uswatun Hasanah yang kini berprofesi sebagai dokter gigi di RSUD Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Perasaannya senang banget dan nggak nyangka dan ada juga perasaan bangga," kata Uswatun yang mengenakan pakaian adat Lampung.

Ia menyebutnya mengenakan busana Kawai Maju yang terbuat dari bahan beludru bermote motif bunga.

Uswatun memilih pakaian adat tersebut karena terinspirasi dari pakaian adat Presiden Joko Widodo pada perhelatan HUT Ke-77 RI yang juga mengenakan pakaian adat Lampung.

"Kesampaian hari ini saya pakai dan nggak nyangka bisa dapat hadiah dari Presiden," kata warga Kalimantan Tengah itu.

Proses penilaian busana dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Sekretariat Presiden.

Penilaian dilakukan berdasarkan elemen tradisional pakaian yang diadaptasi dengan cara yang segar dan relevan serta sesuai dengan tren kontemporer yang mempertimbangkan bahan tradisional dan modern secara efektif.

Terhadap para peraih gelar busana terbaik, Presiden Jokowi menghadiahkan masing-masing satu sepeda MTB bermotif merah putih dengan nama Presiden Jokowi.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close