Jokowi Bakal Lantik Pejabat BPIP, Wajah Lama Mendominasi

Nusantaratv.com - 07 Juni 2022

Pimpinan BPIP periode sebelumnya.
Pimpinan BPIP periode sebelumnya.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik kembali Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Megawati dan sejumlah pejabat BPIP saat ini akan melanjutkan kepemimpinan pada periode 2022-2027. Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta pada 13.30 WIB hari ini.

"Ya (Jokowi melantik BPIP periode 2022-2027 hari ini)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Selasa (7/6/2022).

Tak banyak perubahan susunan dalam kepemimpinan BPIP periode 2022-2027. Selain Megawati, Dewan Pengarah BPIP akan diisi Wisnu Bawa Tenaya dan Try Sutrisno.

Kemudian, ada Said Aqil Siradj, Rikard Bangun, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Muhammad Amin Abdullah.

Jabatan Kepala BPIP akan kembali diduduki Yudian Wahyudi. Sementara itu, posisi wakil kepala akan dipegang Karjono yang sebelumnya menjabat Sekretaris Umum BPIP.

BPIP merupakan lembaga yang didirikan Jokowi pada 2018. Lembaga ini sebelumnya bernama Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP).

Pada 22 Maret 2018, Jokowi melantik Megawati dan sejumlah tokoh bangsa sebagai Dewan Pengarah BPIP, mengutip CNNIndonesia.com. Selain Mega, ada pula Try Sutrisno, Ahmad Syafii Ma'arif, Said Aqil Siradj, Ma'ruf Amin, dan Mahfud MD.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close