Joe Biden Tidak Ingin Menahan China

Nusantaratv.com - 11 September 2023

Presiden AS Joe Biden mengadakan konferensi pers di Hanoi, Vietnam, 10 September 2023. (Reuters)
Presiden AS Joe Biden mengadakan konferensi pers di Hanoi, Vietnam, 10 September 2023. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersikeras jika dirinya tidak ingin 'menahan' China.

Sebab, kata dia, kedua negara tersebut menghadapi perpecahan yang semakin mendalam dalam perdagangan, keamanan, dan hak asasi manusia (HAM).

Biden mengatakan dia telah bertemu dengan Perdana Menteri (PM) China Li Qiang pada KTT G20 di New Delhi, India. Pertemuan kedua pemimpin negara itu yang belum diumumkan oleh Gedung Putih itu membahas soal stabilitas.

Mantan Presiden AS Donald Trump mengungkapkan pertemuannya di Hanoi, di mana pada hari sebelumnya dia menyetujui kesepakatan itu.

Guna memperdalam hubungan dengan Vietnam, ketika Washington berupaya memperkuat jaringan sekutunya di Asia dan Pasifik dalam menghadapi meningkatnya pengaruh Beijing.

Washington dan Beijing berselisih dalam berbagai masalah global, dan Biden menuduh China berupaya mengubah tatanan internasional sesuai keinginan mereka.

"Salah satu hal yang terjadi saat ini adalah China mulai mengubah beberapa aturan mainnya, dalam hal perdagangan dan masalah lainnya," kata Biden pada konferensi pers, seperti dilaporkan Reuters, Minggu (10/9/2023).

Washington telah banyak berinvestasi dalam membangun aliansi sebagai bagian dari strategi Indo-Pasifik, termasuk dialog keamanan Quad dengan India, Australia, dan Jepang, serta pakta AUKUS dengan Inggris dan Australia.

Namun dia menegaskan AS tidak berusaha untuk mengekang China, melainkan untuk menetapkan aturan dasar yang jelas dalam hubungan.

"Saya tidak ingin membendung China. Saya hanya ingin memastikan bahwa kita memiliki hubungan yang baik dan baik dengan Tiongkok, baik-baik saja, semua orang tahu apa maksudnya," urainya.

Presiden China Xi Jinping melewatkan G20 karena Beijing dan Delhi berselisih mengenai masalah teritorial dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])