Joe Biden Sesumbar Hanya Dirinya yang Pantas Hadapi Trump di Pilpres AS 2024

Nusantaratv.com - 06 Desember 2023

Presiden AS Joe Biden/ist  
Presiden AS Joe Biden/ist  

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Joe Biden sesumbar hanya dirinya yang pantas menghadapi Donald Trump dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) 2024.

Pernyataan tersebut sekaligus mengkonfirmasi ucapannya sebelumnya bahwa dia tak berminat ikut lagi dalam Pilpres AS jika Donald Trump tak jadi maju.

Jika Biden dan Trump kembali maju dalam Pilpres AS 2024 itu akan menjadi pengulangan pemilu sebelumnya pada 2020. Pilpres 2020 menjadi pemilihan orang nomor 1 di AS paling ketat dalam sejarah negara tersebut.

Biden mengatakan, Partai Republik akan menjadi ancaman bagi AS ke depannya sehingga harus dihadapi. 

“Jika Trump tidak mencalonkan diri, saya tidak yakin akan mencalonkan diri. Kita tak boleh membiarkan dia menang,” kata Biden, di acara penggalangan dana untuk kampanye Pilpres AS 2024 di luar Boston, Selasa (5/12/2023).

Baca juga: Joe Biden Tak Akan Hadiri KTT Iklim COP28 di Dubai

Namun setelah tiba di Gedung Putih, Biden berubah pikiran. Dia mengatakan kepada wartawan tidak akan mundur dari pencalonan, meski Trump juga mundur. 

"Tidak, tidak sekarang. Lihat, dia sedang berlari, dan saya juga harus lari,” ujarnya, mengutip inewsid.

Sementara itu, para pengamat meragukan Biden bisa memimpin AS lagi untuk periode mendatang karena faktor usia jika memenangkan pilpres. Dia berusia 81 tahun pada bulan lalu, menjadi presiden tertua di AS dalam sejarah. 

Selama kampanye pilpres pada 2020, Biden berkali-kali mengatakan keputusannya untuk mencalonkan diri disebabkan oleh cara Trump menangani berbagai masalah, termasuk demonstrasi kelompok nasionalis kulit putih pada 2017 di Charlottesville, Virginia.

Kini, dia mengusung ide yang sama, memosisikan Trump sebagai ancaman bagi demokrasi. Biden mengumumkan pencalonannya pada April lalu karena merasa tak ada kandidat lain di Partai Demokrat, termasuk Wakil Presiden Kamala Harris, yang mampu menyaingi Trump.  Hasil polling baru-baru ini mengungkap, Trump unggul atas Biden di beberapa negara bagian penting dan secara nasional.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close