Joe Biden Dijadwalkan Tur Asia, Ini Agendanya?

Nusantaratv.com - 03 Februari 2022

Presiden AS Joe Biden. (24htech)
Presiden AS Joe Biden. (24htech)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjadwalkan tur Asia pada musim semi ini. Perjalanan ini menjadi kunjungan pertama Biden ke kawasan tersebut sebagai presiden. 

Pejabat senior AS mengungkapkan tur itu sekaligus untuk menghadiri pertemuan puncak KTT Quad bersama para pemimpin Australia, India, serta Jepang di Tokyo. "Presiden akan mengunjungi Tokyo untuk KTT Quad, sebagai bagian dari komitmen kami untuk mengatur keterlibatan kami melalui Quad, yang terus beroperasi dengan kecepatan penuh," kata pejabat senior AS kepada Reuters, Kamis (3/2/2022).

Dikatakannya, Biden akan melakukan beberapa pemberhentian lain dalam perjalanan tersebut. Namun, sejauh ini belum ada rincian lebih jauh terkait perjalana Biden tersebut. Gedung Putih juga belum memberikan informasi secara resmi. 

Kendati demikian, satu sumber menyebut perjalan tersebut kemungkinan akan dilakukan pada Mei mendatang. Biden juga disebut tengah mempertimbangkan untuk mengunjungi Korea Selatan (Korsel) dalam turnya.

Kabar kehadiran Biden ke Negeri Sakura diperkuat dengan laporan surat kabar Jepang, Yomiuri, yang menyebutkan orang nomor satu di negara Paman Sam itu akan mengunjungi Tokyo pada paruh terakhir Mei. Kunjungan itu akan difokuskan pada ancaman China dan Korea Utara (Korut) yang menjadi perhatian dari pemerintahan Biden.

Selain itu, sumber juga menyoroti perhatian Biden terhadap ASEAN. AS sendiri berencana menjadi tuan rumah pertemuan dengan para pemimpin ASEAN. Di sisi lain, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bakal mengunjungi Australia pada pekan depan untuk melakukan pertemuan dengan empat menteri luar negeri. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close