JK Bertemu Pimpinan Hamas di Qatar, Sampaikan Dukungan Indonesia dan Belasungkawa untuk Palestina

Nusantaratv.com - 13 Juli 2024

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (kiri) bertemu dengan Pemimpin Politik Gerakan Hamas, Ismail Haniyeh (kanan) di Doha, Jumat (12/7/2024). (Foto: ANTARA/HO)
Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (kiri) bertemu dengan Pemimpin Politik Gerakan Hamas, Ismail Haniyeh (kanan) di Doha, Jumat (12/7/2024). (Foto: ANTARA/HO)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla (JK), menegaskan sikap solidaritas serta menyampaikan dukungan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan Palestina saat bertemu dengan Pemimpin Politik Gerakan Hamas, Ismail Haniyeh, di Doha, Qatar, pada Jumat (12/7/2024).

Melalui pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (13/7/2024), dalam pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu, JK juga menyampaikan bela sungkawa kepada bangsa Palestina yang menjadi korban selama konflik berlangsung.

Kemudian, JK menyampaikan jika mata dunia saat ini tertuju ke Gaza dan semua prihatin dengan kondisi keamanan dan semua aspek kehidupan di Gaza.

"Dunia tersentuh dan menyayangkan tragedi kemanusiaan tersebut," kata pernyataan itu, dikutip dari Antara.

Selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), JK mengungkapkan betapa peliknya mendistribusikan bantuan ke Gaza akibat blokade yang dilakukan oleh Israel.

JK menyarankan organisasi Hamas agar senantiasa menunjukkan persatuan dan kebersamaan dengan Al Fatah termasuk hubungan internal Hamas sendiri untuk dapat menciptakan perbaikan kondisi di Palestina.

Menurutnya, tanpa kesatuan aspirasi serta institusi hanya akan menambah pelik penyelesaian masalah Gaza.

Lebih lanjut, JK mengusulkan untuk membuat rencana kemanusiaan di Gaza, misalnya, menyusun program berdasarkan skala prioritas, seperti mengobati korban luka dan sakit, menyelamatkan wanita, orang tua dan anak anak, sehingga tidak menambah jatuhnya korban perang.

Namun, JK mengingatkan kepada Haniyeh, semua itu hanya bisa efektif manakala kekerasan bisa dihentikan lebih dulu.

"Jika kekerasan dapat dihentikan, maka rekonstruksi dan rehabilitasi Gaza, secara otomatis dapat dilaksanakan. Segala ikhtiar kita semua harus diawali dalam perspektif kemanusiaan, bukan soal politik dan pandangan ideologis," demikian pernyataan resmi itu.

Dalam pertemuan tersebut, Ismail Haniyeh juga menjelaskan kondisi terkini di Gaza termasuk masalah kemanusiaan dan politik yang sedang berkembang.

Dia juga sangat memuji posisi dan peran diplomatik Republik Indonesia, pemberian bantuan kemanusiaan kepada rakyat di Gaza, kontribusi dalam merawat korban luka, gerakan kerakyatan dalam demonstrasi, dan solidaritas luas mereka terhadap rakyat Palestina.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close