Jika Jadi Presiden, Ganjar Janji Kaji Batas Usia Pelamar Kerja

Nusantaratv.com - 15 Januari 2024

Capres Ganjar Pranowo (kiri).
Capres Ganjar Pranowo (kiri).

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Capres Ganjar Pranowo mengungkapkan komitmennya untuk mengkaji soal penghapusan batasan usia pelamar kerja. Ganjar menekankan bahwa bekerja adalah hak semua warga negara.

Awalnya Ganjar menjawab pertanyaan wartawan terkiat cuitannya di akun X yang berkomitmen untuk menghapus batas usia pelamar kerja. Ganjar mencuit hal itu saat menanggapi sebuah artikel terkait pernyataan cawapresnya Mahfud Md soal janji Ganjar-Mahfud untuk menghapus batas usia pelamar kerja.

"Ini komitmen kami," ujar Ganjar dalam akun X, Minggu (14/1/2024).

Dalam wawancara dengan wartawan hari ini, Ganjar memaparkan lebih dalam tentang komitmen itu. Ia mengaku banyak mendapat keluhan soal batas usia pelamar kerja ini.

"Jadi banyak orang yang menyampaikan lho 'Pak saya masih muda Pak, kok kemudian saya tidak masuk bekerja?' rasanya enggak fair juga kan?" ujar Ganjar usai kampanye di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024).

Ganjar memandang ukuran untuk mendapatkan sebuah pekerjaan bukan hanya menyangkut usia. Dia menekankan memperoleh pekerjaan merupakan hak bagi semua warga negara.

"Ukuran kerja itu bisa dilihat dari tes fisiknya, tes kemampuannya gitu kan, kan bukan berarti yang muda selalu bisa dan bukan berarti yang tua dianggap tidak bisa, belum tentu kan," kata Ganjar.

Ia mengatakan akan mempertimbangkan soal penghapusan batas usia untuk pelamar kerja. Dia tak ingin hak warga untuk bekerja dibatasi oleh aturan.

"Maka kemudian masukan kepada kami cukup banyak terkait itu. Maka kami akan pertimbangkan masukan itu. Saya kira memberikan suasana fair. Karena kerja itu adalah hak setiap warga negara, hak lho ya, maka dia berhak tanpa dibatasi aturan," tandas Ganjar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close