Jet Tempur China Tabrak Rumah, 1 Orang Tewas

Nusantaratv.com - 11 Juni 2022

Ilustrasi jet tempur China J-7/ist
Ilustrasi jet tempur China J-7/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kecelakaan yang melibatkan pesawat atau jet tempur terjadi di China. Dilaporkan jet tempur China J-7 jatuh dan menabrak beberapa rumah. Kecalakaan mengakibatkan 1 orang tewas dan melukai 2 lainnya. 

Insiden terjadi saat jet tempur J-7 sedang latihan di dekat bandara di Xiangyang, Provinsi Hubei, pada Kamis (9/6/2022) pagi waktu setempat. Laporan itu tidak biasa karena China umumnya merahasiakan kecelakaan militer atau menekankan peran heroik pilot dalam menghindari korban di darat.

Dilaporkan pilot berhasil melontarkan diri dengan selamat tetapi beberapa bangunan tempat tinggal rusak. Pilot dan mereka yang terluka dibawa ke rumah sakit, dan penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki. 

Jet tempur J-7 adalah model lama, pesawat bermesin tunggal dengan desain yang didasarkan MiG-21 milik Uni Soviet tahun 1950-an. Jet tempur J-7 diproduksi selama hampir 50 tahun hingga produksinya berakhir pada 2013.

Baca juga: Pesawat Tabrak Rumah di AS, Pilot Kritis Akibat Luka Bakar

Namun, masih banyak jet tempur J-7 China yang masih beroperasi untuk memberikan perlindungan udara regional. China juga menjual versi ekspornya, F-7, ke lebih dari selusin negara. Banyak di antaranya kini telah dipensiunkan. Di sisi lain, industri penerbangan sipil China berada di bawah pengawasan dalam beberapa bulan terakhir setelah kecelakaan pesawat penumpang China Eastern Airlines yang masih belum dapat dijelaskan.

Kecelakaan pesawat nahas yang menewaskan 132 orang di dalam penerbangan tersebut terjadi pada 21 Maret, mengutip kompascom.

Dan pada 12 Mei, sebuah penerbangan Tibet Airlines dengan 122 orang di dalamnya berangkat dari Chongqing menyimpang dari landasan pacu dan terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun beberapa penumpang mengalami luka ringan. 

Sementara itu, Australia dan Kanada baru-baru ini menyuarakan keprihatinan tentang penerbangan jet tempur China. Australia mengatakan, jet tempur China pada 26 Mei melakukan tindakan berbahaya terhadap pesawatnya yang melakukan pengawasan udara di Laut China Selatan. China membela tindakan pilotnya dan menyalahkan negara asing karena melakukan pengawasan ketat terhadap wilayahnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close