Jepang Sebut Tak Ada Ancaman Tsunami di Okinawa Imbas Erupsi Gunung Semeru

Nusantaratv.com - 05 Desember 2022

Gunung Semeru memuntahkan abu vulkanik selama letusan terlihat dari Candipuro di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Indonesia, pada Minggu (4/12/2022). (Antara Foto/Reuters)
Gunung Semeru memuntahkan abu vulkanik selama letusan terlihat dari Candipuro di Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Indonesia, pada Minggu (4/12/2022). (Antara Foto/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Jepang mengatakan tidak ada ancaman tsunami di Okinamwa imbas dari erupsi Gunung Semeru. 

"Tidak ada dampak tsunami di Jepang dari gunung berapi yang meletus pada hari Minggu di Indonesia," kata penyiar publik NHK, mengutip badan cuaca nasional, seperti dilansir dari Japan Times, Senin (5/12/2022).

Badan Meteorologi Jepang memang sempat menyatakan jika mereka sedang menyelidiki kemungkinan ancaman tsunami di dua wilayah Okinawa akibat erupsi Gunung Semeru.

Jika erupsi Gunung Semeru benar-benar memicu tsunami di Jepang, ungkap Badan Meteorologi Jepang, maka gelombang itu bakal menghantam kawasan Miyakojima/Yaeyama sekitar pukul 14.30 waktu setempat.

"Tsunami dapat tiba di pulau Miyako dan Yaeyama di prefektur selatan Okinawa sekitar pukul 14:30 hari Minggu setelah letusan besar gunung berapi Semeru," demikian peringatan yang disampaikan Badan Meteorologi Jepang. 

Diketahui, Gunung Semeru mengalami erupsi disertai luncuran awan panas guguran sejauh 7 kilometer pada Minggu (4/12/2022) pukul 02.46 WIB. Di mana kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan setinggi kurang lebih 1.500 meter di atas puncak.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])