Jenderal Penakluk Suriah Dipilih Putin Jadi Komandan Perang Baru di Ukraina

Nusantaratv.com - 10 April 2022

Alexander Dvornikov dan Presiden Putin. (Net)
Alexander Dvornikov dan Presiden Putin. (Net)

Penulis: Yusuf

Nusantaratv.com - Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk jenderal baru guna memimpin perang Rusia di Ukraina. Putin menunjuk Jenderal Alexander Dvornikov, seorang mantan komandan operasi militer Rusia di Suriah pada 2015.

Jenderal 60 tahun itu merupakan komandan pertama operasi militer Rusia di Suriah pada September 2015 silam. Ketika itu, Dvornikov ditugaskan untuk mendukung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad dan sekutunya.

Selama di bawah komando Dvornikov, sejak September 2015 hingga Juni 2016, Rusia berhasil membantu Suriah mengepung Aleppo timur yang saat itu dikuasai pemberontak. 

Pesawat Rusia saat itu membombardir kawasan padat penduduk hingga menyebabkan banyak korban sipil. Akhirnya, kota itu pun berhasil ditaklukkan pada Desember 2016.

Dvornikov memiliki riwayat yang cukup banyak selama bertugas di militer. Mengutip berbagai sumber, Dvornikov adalah seorang jenderal angkatan darat Rusia dan juga Pahlawan Federasi Rusia.

Dirinya bergabung dengan angkatan darat pada 1978 setelah lulus dari ekolah Militer Ussuriysk Suvorov. Ia lalu memasuki Sekolah Pelatihan Komando Tinggi Moskow selama empat tahun.

Setelah pendidikannya, dia bertugas di Far Eastern Military District. Dia kemudian melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer Frunze, lulus pada tahun 1991. Dvornikov dikirim ke Grup Pasukan Barat, menjabat sebagai komandan batalion di 6th Guards Motor Rifle Brigade.

Di akhir 1990-an dia memimpin resimen 10th Guards Tank Division dan the 2nd Guards Motor Rifle Division sebagai kepala staf. Dia diangkat menjadi komandan divisi senapan di Distrik Militer Kaukasus Utara.

Tahun 2008, perwira militer itu tercatat mengambil alih komando Tentara Spanduk Merah ke-5. 

Usai menjabat sebagai wakil komandan Distrik Militer Timur, Dvornikov menjadi kepala staf Distrik Militer Pusat, menjabat sebagai komandan sementara selama sebulan. Pada September 2015, ia menjadi komandan pertama Angkatan Bersenjata Rusia di Suriah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])