Jenderal Andika Perkasa Nyapres di 2024, Setujukah Anda?

Nusantaratv.com - 03 Juni 2022

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Istimewa)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemilihan Presiden (Pilpres) masih dua tahun lagi. Tetapi sejumlah nama muncul meramaikan bursa calon presiden (capres) pada gelaran pesta demokrasi lima tahunan itu.

Salah satunya Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Nama pria lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 itu sudah muncul dalam survei elektabilitas bakal calon presiden 2024. Nah, setujukah Anda bila Jenderal Andika Perkasa menjadi capres 2024?

Berdasarkan survei elektabilitas yang dirilis oleh Litbang Kompas beberapa waktu lalu, hasilnya sangat mengejutkan. Sebab, nama Jenderal Andika Perkasa berada di atas Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Erick Thohir dan Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani.

Survei Litbang Kompas digelar pada 17-30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Responden ditanya melalui wawancara tatap muka. Menggunakan metode tersebut, tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error plus-minus 2,8 persen.

Berikut hasil survei Kompas: 

- Prabowo Subianto 26,5%

- Ganjar Pranowo 20,5%

- Anies Baswedan 14,2%

- Sandiaga Uno 4,9%

- Agus Harimurti Yudhoyono 3,7%

- Basuki Tjahaja Purnama 2,9%

- Ridwan Kamil 2,6%

- Tri Rismaharini 2,6%

- Andika Perkasa 2%

- Gatot Nurmantyo 1,4%

- Erick Thohir 1,1%

- Mahfud Md 1,1%

- Puan Maharani 0,6%

- Lainnya 4,1%

- Tidak ada/tidak tahu/rahasia 11,8%

Hasil survei ini juga memotret penurunan signifikan angka responden yang menjawab 'tidak ada/tidak tahu/rahasia'. Pada April 2021, masih ada 45,4 persen responden yang belum menentukan pilihan, namun kini tersisa 11,8 persen.

Nama Jenderal Andika Perkasa dinilai memunculkan dinamika bakal calon presiden 2024. Kendati elektabilitas pria kelahiran Bandung, Jawa Barat (Jabar), 57 tahun silam itu 2 persen, tetapi setidaknya berada di atas eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close