Jemur Ikan Depan Rumah, Emak-emak Digigit Komodo

Nusantaratv.com - 02 Oktober 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ibu rumah tangga (IRT) di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), digigit komodo, Senin petang (2/10/2023) sekitar pukul 15.00 Wita. Tangan kanan perempuan bernama Ratna (46) tersebut digigit komodo saat menjemur ikan di depan rumahnya.

"Korban digigit komodo di depan teras rumahnya. Saat sedang menjemur ikan teri," ujar Kapolsek Komodo AKP Ivans Drajat, Senin.

Sebelum kejadian yang menimpa Ratna hari ini, sudah ada 36 orang menjadi korban serangan komodo di Taman Nasional Komodo. Lima orang korban itu meninggal dunia.

Menurut data Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), jumlah korban tersebut terjadi dalam rentang waktu 49 tahun terakhir, yakni 1974-2023. Korban pertama serangan komodo tercatat terjadi pada 1974 atas nama Baron Rudolf Reding von Biberegg, wisatawan asal Swiss.

Dari 36 kasus serangan komodo, hanya dua wisatawan asing yang menjadi korban. Di antaranya kasus yang terjadi pada Baron pada Juli 1974 dan seorang wisatawan asal Singapura pada 2017. Korban terbanyak adalah warga lokal di Taman Nasional Komodo dan petugas BTNK. Tercatat ada sembilan petugas BTNK yang menjadi korban serangan komodo.

Dari lima korban meninggal digigit komodo, hanya satu orang wisatawan asing yang meninggal, yakni Baron. Sisanya adalah warga di dalam kawasan TN Komodo.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close