Jemput Lailatul Qadar di Malam 27 Ramadhan, Masjidil Haram Jadi Tempat Paling Steril di Dunia

Nusantaratv.com - 28 April 2022

Ilustrasi. (Istimewa)
Ilustrasi. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Dalam upaya menyambut malam ke-27 Ramadhan pada tahun ini, pihak kerajaan Arab Saudi menjadikan Masjidil Haram, Makkah, sebagai tempat paling steril di dunia.

Pihak kerajaan telah menyediakan 11 robot untuk sterilisasi, desinfeksi dan pengendalian epidemi di dalam Masjidil Haram. Mengutip Saudi Gazette, Kamis (28/4/2022), Badan Layanan dan Urusan Lapangan setempat mengatakan penyediaan robot sterilisasi ini merupakan bagian dari paket layanan yang telah disediakan oleh pihak kerajaan Arab Saudi.

Hal ini dilakukan untuk persiapan menerima para jamaah untuk melakukan salat Tarawih pada malam ke-27 Ramadhan yang penuh berkah, dan diyakini sebagai malam Lailatul Qadar. 

Lebih dari 70 satgas disediakan untuk membantu mensterilkan Masjidil Haram. Di samping itu ada sebanyak 700 pekerja relawan dan lebih dari 100 pengawas bekerja sepanjang waktu dalam mensterilkan seluruh bagian Masjidil Haram, baik halaman luar maupun toilet.

Badan Layanan juga menekankan robot akan beroperasi dengan sistem kontrol otomatis yang diprogram pada pra-peta. Robot tersebut memiliki 6 tingkat, yang dapat membantu meningkatkan keamanan lingkungan yang sehat.

Disebutkan juga jika robot tersebut bisa melakukan tugasnya selama 5-8 jam tanpa perlu adanya campur tangan tenaga manusia. Dan, robot-robot ini telah mendapatkan paten dari SLAM. (Annissya Chusnul Khotimah)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close