Jemaah Masjid Aolia Lebaran Jumat Usai Telepon Allah, MUI: Haram!

Nusantaratv.com - 07 April 2024

Salah seorang jemaah Masjid Aolia yang menyebut dirinya menelepon Allah SWT dalam penentuan tanggal Hari Raya Idul Fitri. (Tangkapan layar)
Salah seorang jemaah Masjid Aolia yang menyebut dirinya menelepon Allah SWT dalam penentuan tanggal Hari Raya Idul Fitri. (Tangkapan layar)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Salah satu jemaah Masjid Aolia di Gunungkidul, Yogyakarta, mengaku telah menelepon Allah SWT dalam menetapkan 1 Syawal 1445 H yang jatuh pada Jumat (5/4/2024). Video pernyataan itu viral di media sosial. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai kasus yang terjadi di Gunungkidul itu sebuah kesalahan, sehingga perlu diingatkan.

"Kasus di sebuah komunitas di Gunungkidul itu jelas kesalahan, perlu diingatkan. Bisa jadi dia melakukannya karena ketidaktahuan, maka tugas kita memberi tahu, kalau dia lalai, diingatkan," ujar Ketua MUI Asrorun Ni'am, Sabtu (6/4/2024).

Ia bahkan memandang praktik agama itu bisa dikatakan menyimpang jika dilakukan dalam kondisi kesadaran penuh. Sehingga, kata Ni'am, mengikuti praktik tersebut hukumnya haram.

"Kalau praktik keagamaan itu dilakukan dengan kesadaran dan menjadi keyakinan keagamaannya, maka itu termasuk pemahaman dan praktik keagamaan yang menyimpang, mengikutinya haram," kata dia.

Ia menjelaskan, puasa Ramadan termasuk dalam ibadah mahdlah. Penentuan awal dan akhir ibadah telah ditetapkan oleh syariah. Pelaksanaannya, kata Ni'am, mesti berlandaskan ilmu agama serta keahlian.

"Tidak boleh hanya didasarkan pada kejahilan. ⁠Bagi yang tidak memiliki ilmu dan keahlian, wajib mengikuti yang punya ilmu dan keahlian. Tidak boleh menjalankan ibadah dengan mengikuti orang yang tak punya ilmu di bidangnya," tandasnya.

Sebelumnya jemaah Aolia telah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H pada Jumat (5/4/2024). Salah seorang jemaah pun menyebut bahwa Lebaran jatuh pada hari Jumat lantaran sebelumnya ia telah memastikan hal itu ke Allah SWT dengan meneleponnya.

"Saya tidak pakai perhitungan, saya telepon langsung kepada Allah Ta'ala. Ya Allah kemarin tanggal 4 malam 4, ya Allah ini sudah 29, 1 Syawal kapan, Allah Ta'ala hadirko, tanggal 5 Jumat, lah makanya kalau disalahkan orang bagaimana, ya nggak apa-apa urusannya Gusti Allah," ujar jemaah menggunakan bahasa Jawa, dalam video viral.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close