Jelang Pilpres Rusia 2024, Putin Kantongi 77 Persen Tingkat Kepuasan Publik

Nusantaratv.com - 19 Januari 2024

Presiden Rusia Vladimir Putin/ist
Presiden Rusia Vladimir Putin/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Meski telah membawa negaranya dalam perang berkepanjangan melawan Ukraina. Namun Presiden Rusia Vladimir Putin tetap mendulang simpati dari warganya. Itu terbukti dari hasil survei terbaru terkait kepercayaan dan penilaian masyarakat Rusia terhadap kinerja Putin.    

Sebanyak 79,8 persen warga Rusia percaya pada kepemimpinan Putin. Dan 77 persen penduduk negara itu mengaku puas atas kinerja sang presiden.

Survei dilakukan oleh Pusat Penelitian Opini Publik Rusia (VCIOM) pada Jumat (19/1/2024). 

Data survei menunjukkan ada 16,6 persen responden yang tidak percaya  Putin dan 14,6 persen merasa tidak puas atas kinerjanya.

VCIOM menjelaskan survei dilakukan terhadap 1.600 orang Rusia yang sudah dewasa pada 9-14 Januari 2024. Adapun margin error riset itu diklaim tidak melebihi 1 persen. 

Baca juga: Lama Berkuasa, Putin Justru Nyapres Lewat Jalur Independen pada Pilpres Rusia 2024

Hasil survei ini menjadi modal positif bagi Putin yang kembali maju sebagai calon presiden dalam Pilpres Rusia 2024 pada 15-17 Maret mendatang. 

Menariknya pada Pilpres 2024 maju lewat jalur independen. Untuk maju lewat jalur perseorangan itu, Putin mesti mengumpulkan tanda tangan dari sedikitnya 315.000 warga Rusia untuk mendukungnya.  

Menurut media-media Barat, bagi Putin pemilu hanyalah sebuah formalitas. Sebab, kekuasaannya mendapat dukungan besar dari negara, media yang dikelola pemerintah, dan hampir tidak ada perbedaan pendapat yang menentangnya di kalangan masyarakat arus utama. Dia dipastikan bakal menang.

Di mata pendukungnya Putin dinilai berhasil memulihkan ketertiban di negara dan menumbuhkan kebanggaan bagi bangsanya. Bahkan mereka juga membenarkan keputusan Putin menggelar perang di Ukraina.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close