Jelang Pengumuman Hasil Pilpres Ribuan Polisi-TNI Siaga di KPU dan DPR, buat Apa?

Nusantaratv.com - 20 Maret 2024

Petugas TNI-Polri di depan kantor KPU RI.
Petugas TNI-Polri di depan kantor KPU RI.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi mengungkapkan ada sejumlah unjuk rasa di gedung KPU RI hingga MPR/DPR RI jelang pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2024 hari ini. Sebanyak 3.055 personel gabungan disiagakan di depan gedung KPU serta DPR.

"Dalam rangka pengamanan aksi hari ini di KPU RI dan DPR RI, kami melibatkan 1.910 personel di KPU RI dan 1.145 personel di DPR/MPR," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Rabu (20/3/2024).

Ia mengatakan, rekayasa lalu lintas nantinya bersifat situasional tergantung situasi di lapangan. Apabila diperlukan, akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas.

"Maka kami imbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan KPU RI dan DPR RI agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di depan gedung KPU RI dan DPR/MPR RI," kata dia.

Ia meminta personel yang bertugas mengedepankan tindakan persuasif selama bertugas. Susatyo juga meminta massa yang akan hadir menyampaikan unjuk rasa sesuai aturan yang ada.

"Tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap dipatuhi," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close