Jelang Libur Lebaran, Pasokan BBM, LPG dan Listrik Aman

Nusantaratv.com - 11 April 2023

Pasokan BBM, LPG, dan listrik menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 H dalam kondisi aman. (Istimewa)
Pasokan BBM, LPG, dan listrik menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 H dalam kondisi aman. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kepala Ketua Posko Nasional Sektor ESDM Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang juga Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak Dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati menegaskan pasokan BBM, LPG, dan listrik menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 H dalam kondisi aman.

"Secara umum kondisi Ketahanan stok BBM aman, baik gasoline maupun gasoil, dengan ketahanan stok di atas 16 Hari. Kondisi stok LPG dalam kondisi aman dengan coverage days LPG nasional berkisar 15 sampai 17 hari dan kondisi pasokan tenaga listrik, pada kondisi aman dan cadangan terpenuhi," ujar Erika dalam siaran pers Kementerian ESDM, dikutip Selasa (11/4/2023).

Selama periode Posko Hari Raya Idulfitri Tahun 2023, BPH Migas dan Pertamina menyiagakan 114 Terminal BBM, 7.491 SPBU dan 68 DPPU, serta menyiagakan fasilitas tambahan di wilayah-wilayah dengan demand tinggi. 

Diprediksi akan terjadi peningkatan demand harian BBM selama Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023, Gasoline meningkat 10,3 persen, Avtur meningkat 7,3 persen, sedangkan Kerosene diperkirakan turun 1,4 persen dan Gasoil turun 8,7 persen.

"Untuk LPG, penyaluran LPG diproyeksikan sebesar 29.223 MT/hari atau meningkat 4,7 persen apabila dibandingkan dengan penyaluran normal (27.899 MT/hari)," ungkap Erika.

Secara umum, penyaluran gas dari 29 Wilayah Kerja yang terdiri dari 24 KKKS kepada 2.504 Pelanggan Komersial dan Industri, 1.926 Pelanggan Kecil, 833.909 Sambungan Rumah Tangga, dan 9 Power Plant PLN Group melalui 25.850 km jaringan pipa gas, 13 SPBG, 3 MRU, dan 3 LNG Terminal handal dan aman. 

Prediksi peningkatan realisasi penyaluran BBG selama Hari Raya Idul Fitri sebesar 43,1 persen bila dibandingkan dengan tahun 2022.

Sementara itu, Direktur Jenderal Minyak Dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menambahkan, Ditjen Migas telah melaksanakan pemantauan secara langsung di lapangan terkait ketersediaan BBM untuk masyarakat dalam rangka menyambut libur Hari Raya Idul Fitri.

"Minggu lalu kami telah melaksanakan pemantauan BBM ketersediaan BBM di SPBU sepanjang jalur Pantura hingga ke Semarang dan persiapannya menghadapi libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, menurut kami sudah siap dari perencanaan maupun implementasi," ungkap Tutuka.

Menurut Tutuka, saat ini yang perlu dipahami bersama adalah pola konsumsi BBM tahun ini dengan tahun sebelumnya akan berbeda karena waktu libur tahun ini lebih panjang sehingga diperkirakan puncak libur panjang tidak drop ke bawah tapi sekitar dua minggu ada di puncak. 

Polanya berbeda dengan tahun sebelumnya dimana waktu liburnya pendek sehingga diperlukan ketahanan yang cukup lama untuk mensuplai jumlah pasokan pada saat puncak.

"Perencanaan sudah melihat indikasi tersebut jadi cukup bagus dari sisi perencanaannya, kedua dari segi infrastruktur juga telah disiapkan sistem tangki-tangki dan sistem penyaluran ke SPBU sudah siap juga kalau terjadi kenaikan puncak juga akan disipakan tangki-tangki tambahan, juga tambahan-tambahan mobil tangki dan personil yang siaga 24 jam, jadi dari sisi internal Pertamina Patra Niaga sudah siap," tutur Tutuka.

Sedangkan Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra menegaskan, untuk memberikan layanan terbaik ke masyarakat pihaknya sudah menyiapkan beberapa program. 

Selain menjaga ketersediaan stok BBM, mulai 1 April juga sudah menyiapkan satgas internal yang mana satgas ini sedang melakukan build stok di SPBU hingga harapannya masyarakat tidak mendapat kesulitan mendapatkan BBM di SPBU.

"Meskipun stok kami di kilang baik, di terminal baik tapi yang harus kami pastikan adalah ketersediaan sampai di SPBU dan untuk memastikannya, kami sudah berkoordiansi dengan pihak Kepolisian agar proses ini ada pengawalan di terminal kami, pengawalan disuplai mobil tangki juga pengawalan di SPBU-nya," ujar Ega.

"Pertamina Patra Niaga juga telah menyiapkan dari 7.400 SPBU ada 1.500 SPBU yang akan beroperasi 24 jam, selain juga menyiapkan 5.400 agen LPG yang akan dioperasikan selama Posko beroperasi, 42 kios SPBU modular baru khususnya di layanan non tol di jalur selatan," lanjutnya.

Selain itu, guna memantau bencana kegeologian juga telah dibentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi yang akan merespon dengan cepat setiap bencana yang terjadi dan siaga dalam waktu 24 jam, serta meningkatkan pemantauan gunung api secara cermat di beberapa gunung api aktif di seluruh wilayah Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])