Jelang Debat Cawapres, Anies dan Cak Imin Main Tebak-tebakan 'Bersyanda Bapack-Bapack'

Nusantaratv.com - 22 Desember 2023

Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengunggah sebuah video yang menampilkan momen kebersamaan mereka. (Istimewa)
Pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengunggah sebuah video yang menampilkan momen kebersamaan mereka. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Di tengah riuh pesta demokrasi lima tahunan, pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengunggah kembali sebuah video yang menampilkan momen kebersamaan mereka.

Hal itu diketahui melalui unggahan Anies dan Cak Imin di platform media sosial Instagram pribadi masing-masing @aniesbswedan dan @cakiminow, pada 22 Desember 2023, atau menjelang debat cawapres yang akan dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat (Jakpus). 

Keduanya bermain tebak-tebakan "Bersyanda Bapack-Bapack". Peraturanya, keduanya tidak boleh tertawa untuk setiap tebak-tebakan lucu yang dilontarkan. Kalau tertawa maka poin bagi lawan dan yang kalah kena slepet.

"Bantuin Gus Imin persiapan debat nanti malam. Simulasi tanya jawab pertanyaan sulit," tulis Anies dalam keterangan video tersebut pada Jumat (22/12/2023).

Dalam permainan tahan tawa challenge itu, Anies menjadi pertama yang melempar tebak-tebakan, yakni kota di Jawa yang banyak bapak-bapaknya.

Cak Imin sempat berpikir dan mengabsen sejumlah daerah seperti Yogyakarta, Jombang dan Solo. Namun, dia tidak tahu jawabannya dan menyerah.

"Purwodadi, purwo, daddy, daddy kan bapak," jawab Anies.

Setelah Anies, giliran Cak Imin yang melempar pertanyaan. Dia bertanya "Tentara apa yang paling kecil?

Kali ini giliran Anies yang dibuat mikir. Anies lalu menjawab tentara-tentaraan. Namun jawaban Anies salah, Cak Imin memberi jawaban tentara yang paling kecil adalah tentara sekutu. 

Pertanyaan demi pertanyaan dari kedua terus berlanjut. "Hewan apa yang terdiri dari satu huruf?" tanya Anies.

Cak Imin pun tak bisa menjawab. "Yang satu huruf itu namanya G Ajah," kata Anies.

Tak mau kalah, Cak Imin kembali melempar pertanyaan. "Dari semua suku di Indonesia, suku apa yang paling banyak berkeliaran di mall," tanya Cak Imin.

Anies dibuat kebingungan. "Sukurity," jawab Cak Imin.

Kemudian Anies bertanya lagi, "Apa yang terjadi nun mati ketemu alif?

"Nyerah", sebut Cak Imin.

"Alifnya jundil (kaget)," cetus Anies.

Lalu, "Panci apa yang lucu," kata Cak Imin.

"Panci Pragiwaksono," jawab Anies, yang diiyakan Cak Imin.

Selanjutnya, "Kenapa zombie kalau menyerang ramai-ramai? tanya Anies.

"Kalau sendirian namya setan," jawab Cak Imin. 

Namun jawaban itu belum tepat. "Kalau sendirian namanya zomblo," jawab Anies.

Terakhir, Cak Imin bertanya "Siapa artis yang suka naik motor?

"Nyerah aja dah," imbuh Anies.

"Titiek Vespa," jawab Cak Imin.

Jadi siapa yang paling banyak ketawa? Duel tahan tawa ini pun akhirnya dimenangkan Cak Imin dengan skor 2-8. Dan Anies harus terima kena slepet Cak Imin.

Debat cawapres diketahui bakal diselenggarakan pada malam ini, Jumat, 22 Desember 2023. Ketiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD bakal beradu gagasan di Jakarta Convention Center (JCC), di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat (Jakpus), mulai pukul 19.00 WIB.

Debat kali ini mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan anggaran pendapatan belanja negara (APBN-APBD), infrastruktur dan perkotaan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah mengumumkan nama 11 panelis untuk debat kedua Pilpres 2024. Dari daftar nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan ekonom dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close