Jamaah Haji Tawaf Wada Sehari Sebelum Pulang

Nusantaratv.com - 23 Juni 2024

Jamaah haji Indonesia diimbau untuk mematuhi jadwal kepulangannya. (Foto: Saudi Gazette)
Jamaah haji Indonesia diimbau untuk mematuhi jadwal kepulangannya. (Foto: Saudi Gazette)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Fase kepulangan jamaah haji Indonesia dari Tanah Suci menuju Tanah Air telah dimulai sejak 22 Juni 2024. 

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Khalilurrahman mengimbau jamaah haji Indonesia untuk mematuhi jadwal kepulangannya.

"Kami mengimbau jamaah haji Indonesia untuk mematuhi jadwal kepulangannya. Jangan ada yang beribadah di Masjidil Haram mendekati jadwal kepulangan, karena bisa mengganggu waktu pergerakan," imbau Khalil di Makkah, Minggu (23/6/2024).

Bila sudah mengetahui jadwal keberangkatan dari Makkah menuju Jeddah atau Madinah, Khalil menyarankan agar jamaah melaksanakan tawaf wada sehari sebelumnya. 

"Jamaah harus sudah siap di pemondokan dua jam sebelum bus penjemputan tiba," imbuhnya.

Khalil mengatakan, sebelumnya ada jamaah yang masih melakukan tawaf wada jelang keberangkatan sehingga rombongannya harus menunggu dia kembali ke hotel. Bus yang harusnya sudah berangkat menjadi terlambat.

Selain ini, jamaah juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti paspor hingga visa. Bila ada dokumen yang hilang bisa melapor ke petugas kloter.

"Konsultasi ke petugas kloter termasuk soal kesehatan ataupun dokumen supaya bisa dilaporkan oleh kloter ke sektor dan ke daker. Dokumen juga disiapkan dan menepati jadwal yang sudah disiapkan oleh panitia," tukas Khalil. 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close