Jalur Rempah Indonesia-Malaysia Bakal Terealisasi

Nusantaratv.com - 02 Juli 2024

Ketua Menteri Melaka, Datuk Seri Utama AB Rauf Bin Yusoh memberikan keterangan pers saat acara Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024 di Melaka/istimewa
Ketua Menteri Melaka, Datuk Seri Utama AB Rauf Bin Yusoh memberikan keterangan pers saat acara Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024 di Melaka/istimewa

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Ketua Menteri Melaka, Datuk Seri Utama AB Rauf Bin Yusoh menyambut baik rencana untuk menghidupkan kembali jalur rempah antara Indonesia-Malaysia. 

Ia mengaku pernah menyampaikan pentingnya membentangkan hubungan Malaysia-Indonesia baik secara rohani maupun jasmani kepada presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mengunjungi Melaka sebanyak tiga kali.

"Waktu itu Pak Prabowo belum berniat untuk mencalonkan menjadi presiden. Waktu itu beliau merupakan presiden Pesilat Nusantara yang datang untuk meresmikan Majelis Pertandingan Silat Nusantara," Kata Ketua Menteri Malaka, Ab Rauf Yusoh, Selasa (2/7/2024).

"Jadi saya mengambil kesempatan pada waktu itu membentangkan hubungan Malaysia-Indonesia ini bukan dalam bentuk rohani, tetapi dalam bentuk jasmaninya hubungan melalui jambatan antara Dumai (Indonesia) dan Melaka (Malaysia). Secara prinsip beliau (Prabowo) begitu excited untuk melihat ini menjadi kenyataan," lanjutnya.

Diketahui, Delegasi Indonesia yang tergabung dalam misi pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) telah tiba di Melaka, Malaysia, pada Minggu, 30 Juni 2024.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid memberikan cenderamata kepada Exco Pelancongan, Warisan, Seni dan Budaya Melaka YB Datu Wira Abdul Razak bin Abdul Rahman pada acara pembukaan Muhibah Budaya Jalur Rempah di Kota Melaka, Minggu (30/6/2024).

Kedatangan kapal tiga layar Angkatan Laut Republik Indonesia, KRI Dewaruci yang membawa para anggota kontingen misi budaya yang juga dikenal sebagai Laskar Rempah di dermaga Tanjung Bruas, Melaka, disambut dengan  parade militer Tentera Laut Diraja Malaysia dan tarian kesenian Melaka.

Misi budaya ini adalah pelayaran internasional perdana Muhibah Budaya Jalur Rempah sejak diluncurkan pada 2020 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Muhibah Budaya Jalur Rempah ini merupakan bagian dari Program Prioritas Nasional di sektor kebudayaan.

“Misi budaya ini sangat penting dalam menelusuri jejak sejarah Jalur Rempah di Nusantara,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Hilmar Farid, dalam sambutannya di hadapan tamu undangan dan warga Melaka di depan Muzium Rakyat, Banda Hilir, Kota Melaka.

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close