Jalur Fungsional Tol Japek II Selatan Mulai DIbuka Demi Urai Kepadatan Lalu Lintas

Nusantaratv.com - 23 Desember 2023

Jalur Fungsional Tol Japek II Selatan/ist
Jalur Fungsional Tol Japek II Selatan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Japek II Selatan) Segmen Sadang s.d Kutanegara arah Jakarta dibuka mulai Sabtu (23/12) petang, sekitar pukul 16.15 WIB. Pengoperasian ini bertujuan mengurai kepadatan lalu lintas jelang libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) pengoperasian jalur itu karena pemangku kepentingan melihat volume lalu lintas Susun (SS) Dawuan Km 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta serta dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau tinggi.

"Jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dibuka atas diskresi Kepolisian. Saat ini terpantau lalu lintas di SS Dawuan Km 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta terpantau tinggi serta saat ini terpantau kepadatan menjelang Rest Area Km 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Tidak hanya itu, kami beserta pihak Kepolisian juga memantau tidak ada kepadatan lalu lintas di Jalan Provinsi (Jalan Industri) setelah akses keluar dari jalur fungsional," ujar Direktur Utama PT JJS Charles Lendra dalam keterangan resmi, Sabtu petang.

Namun, Charles menambahkan jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dibuka hanya untuk kendaraan kecil/golongan I (nonbus), dengan kecepatan maksimal kendaraan 60 km/jam. Dikatakan jalur fungsional, menjadi salah satu alternatif pengguna jalan dari arah Bandung menuju Jakarta yang turut mendistribusikan lalu lintas.

Pengguna jalan dari arah Bandung, sambung Charles, dapat masuk jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara melalui Km 77+100 Jalan Tol Cipularang. Setelah itu, pengguna bisa masuk jalur fungsional sepanjang 8,5 Km tersebut.

Baca juga: H-3 Natal Lalu Lintas di Tol ke Bandara Soetta Meningkat 10,83 Persen

"Pengguna jalan akan melewati jalan non tol sepanjang 15-20 Km untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Timur di km 54 atau GT Karawang Barat di Km 47," imbuhnya.

Charles menjelaskan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan mulai dari SS Sadang hingga GT Kutanegara tidak dikenakan tarif. Namun pengguna jalan tetap harus melakukan tapping di GT Kutanegara.

Di gerbang tol itu, kata Charles, pengguna jalan akan membayar tarif tol Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang.

"Kami juga mengimbau pengguna jalan yang akan memasuki jalan tol fungsional ini agar memastikan kecukupan bahan bakar kendaraan dan saldo uang elektronik. Selain itu, agar mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Lokasi SPBU terdekat berjarak 1 Km dari akses keluar jalan tol fungsional ini (belok kiri)," ujar Charles.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close