Jalan Utama di Kolombia Dinamai Jalan Negara Palestina

Nusantaratv.com - 21 Januari 2023

Ilustrasi. Bendera Palestina dan Kolombia. (Iran Press)
Ilustrasi. Bendera Palestina dan Kolombia. (Iran Press)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Dewan Kota di ibu kota Kolombia, Bogotá, pada Kamis (19/1/2023) menyetujui proposal untuk mengubah nama salah satu jalan utama kota menjadi Jalan Negara Palestina (State of Palestine Street).

Dikutip dari Middle East Monitor, Sabtu (21/1/2023), Dewan Kota bersinergi dengan Kedutaan Besar Palestina mengajukan proposal perubahan nama jalan utama.

Proposal itu kemudian disetujui oleh suara mayoritas selama diskusi di Komite Kelima tahun lalu. Duta Besar Palestina untuk Kolombia, Raouf Al-Maliki mengungkapkan kebahagiaannya atas pengakuan tersebut.

"Hari ini, Palestina, sebagai hasil perjuangan rakyat Palestina dan kerja tak kenal lelah dari perwakilannya, menempati posisi yang layak di jantung ibu kota, dan ini adalah ekspresi kuat dari solidaritas besar," kata Al-Maliki. 

Sementara itu, perwakilan Humane Colombia, Ana Teresa Bernal, mengatakan usulan tersebut merupakan pengakuan atas Palestina sebagai negara dan rakyat, serta haknya untuk hidup.

Selama bertahun-tahun, lobi Israel telah bekerja tanpa lelah untuk menggagalkan proposal tersebut dengan dalih warga Yahudi tinggal di jalan yang sama. Israel menilai penamaan jalan utama dengan State of Palestine Street akan berdampak negatif pada psikologi warga Yahudi yang tinggal di jalan tersebut.

Kota Barranquilla di Kolombia baru-baru ini juga menyetujui proyek serupa. Hal ini menunjukkan meningkatnya dukungan populer dan partisan rakyat Kolombia untuk rakyat Palestina dan hak mereka atas negara mereka sendiri.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])