Jaga Ketahanan Pangan, Ribuan Warga Selodoko Boyolali Tanam Alpukat

Nusantaratv.com - 07/10/2022 10:26

Ilustrasi. Tanaman alpukat. (Istimewa)
Ilustrasi. Tanaman alpukat. (Istimewa)

Penulis: Tri Budi Purnomo

Nusantaratv.com - Sebanyak 1.391 kepala keluarga (KK) di Desa Selodoko, Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), mendapatkan bantuan sebanyak 4.586 bibit buah alpukat.

Bibit buah alpukat itu nantinya ditanam di lahan pekarangan rumah masing-masing guna menjaga ketahanan pangan di daerah setempat. Hal itu dikatakan Kepala Desa Selodoko, Lasmo dalam acara pemberian bantuan bibit alpukat di Balai Desa Selodoko pada Kamis (6/10/2022). 

Dia menjelaskan setiap KK mendapatkan bantuan tiga bibit alpukat. Bantuan bibit alpukat tersebut sumber dana dari Anggaran Desa 2022, sekitar 20 persen untuk ketahanan pangan, yakni sebesar Rp163 juta.

"Bibit ini nanti bisa tumbuh, berkembang dan pada akhirnya tiga tahun ke depan ini sudah panen perdana," ujar Lasmo, dikutip dari laman resmi Pemkab Boyolali, Jumat (7/10/2022).

Dengan pemberian bantuan bibit alpukat bersertifikat dan berlabel varietas Kalibening tersebut, Lasmo berharap dapat menjaga ketahanan pangan warganya ke depan sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Senada, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali, Kristini Buedyarti mengatakan bibit bantuan alpukat bantuan dari Pemdes Selodoko dapat ditanam dan dipelihara dengan baik oleh kelompok tani maupun kepala keluarga. 

Sehingga, diharapkan Desa Selodoko mampu menjadi desa wisata Agrowisata buah di Kota Susu. "Hal ini, seperti di Selo ada agrowisata sayuran dan Desa Selodoko selain cocok untuk buah alpukat juga ada durian dan diharapkan bisa menjadi salah satu tujuan wisata angrowisata buah di Boyolali," ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Boyolali Dwi Adi Agung Nugroho mengapresiasi dengan pemberian bantuan bibit alpukat kepada masyarakat.

Menurutnya, dengan pemberian bibit alpukat dapat mendukung ketahanan pangan di Desa Selodoko sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Selain itu, Desa Selondoko juga bisa menjadi salah satu tempat agrowisata di Boyolali yang dapat dikunjungi banyak wisatawan. Desa Selodoko selain ada buah durian, juga dikembangkan buah alpukat," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
RUU KUHP-1670515567
Gubernur Arinal Djunaidi-1670505830