Jadi Tersangka Perampokan, Mantan Wali Kota Blitar Ajukan Praperadilan

Nusantaratv.com - 30 Januari 2023

Mantan Wali Kota Blitar M Samanhudi Anwar. (Net)
Mantan Wali Kota Blitar M Samanhudi Anwar. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Eks Wali Kota Blitar M Samanhudi Anwar mengajukan praperadilan. Ini dilakukan usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus perampokan rumah dinas (rumdin) Wali Kota Blitar Santoso. 

Praperadilan diajukan tim kuasa hukum Samanhudi di Pengadilan Negeri Blitar.

"Hari ini, mengajukan permohonan praperadilan untuk meminta pembatalan penetapan tersangka terhadap beliau (Samanhudi)," kata anggota tim kuasa hukum Samanhudi, Hendi Priono, Senin (30/1/2023).

Hendi menjelaskan, kliennya belum memenuhi persyaratan dalam penetapan sebagai tersangka. Itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), di mana penetapan seorang sebagai tersangka itu harus memenuhi alat bukti dan disertai pemeriksaan terhadap orang tersebut.

"Dalam konteks perkara ini menurut pengakuan beliau, beliau ini belum pernah mendapatkan panggilan atau diperiksa sebagai saksi. Ini yang menjadi alasan permohonan praperadilan ini," tuturnya.

Senada, Ketua Tim Kuasa Hukum Samanhudi Joko Trisno menegaskan Samanhudi telah membantah semua tuduhan yang diajukan oleh penyidik. Menurutnya, Samanhudi menjalani pemeriksaan pada Jumat (27/1/2023) pada pukul 20.10 WIB sampai dengan pukul 03.00 WIB.

"Bahwa semua yang dituduhkan pada beliau dari klarifikasi dan pemeriksaan tersangka MJ itu semuanya sudah dibantah. Tidak ada bukti-bukti lain, hanya ada bukti pembicaraan keterangan dari tersangka MJ," papar dia.

Joko mengatakan kliennya bukan tidak mengakui, namun memang tidak melakukan apa yang sedang dituduhkan.

"Saat ini kami hanya bisa merespons apa yang kami ketahui. Tapi pada saat persidangan nanti kami akan buktikan bahwa klien kami tidak melakukan apa yang dituduhkan oleh penyidik Polda Jatim," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])