Jadi Penyebab Anjloknya Harga Sawit, Petani Sawit Tuntut Cabut DMO-DPO, FO, dan Pungutan Non Pajak

Nusantaratv.com - 06 Juli 2022

Tuntutan Jaringan Petani Sawit Indonesia. Foto:  twitter @Andreas31417494
Tuntutan Jaringan Petani Sawit Indonesia. Foto: twitter @Andreas31417494

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Anjloknya harga tandan buah segar (TBS) sawit dalam beberapa bulan terakhir membuat para petani sawit meradang. 

Guna mengatasi anjloknya harga TBS sawit, Jaringan Petani Sawit pun mengajukan beberapa tuntutan. 

Ketua Asosiasi Petani Sawit Indonesia (APKASINDO), Gulat Medali Emas Manurung mengatakan bahwa harga CPO Indonesia tertekan sampai 65 persen dari harga Roterdam. Dalam artian, bahwa semakin rendah harga CPO tender KPBN maka semakin anjlok harga TBS Petani. Sementara itu, Dikutip dari Bisnis.com pada Rabu 6 Juli 2022, menjelaskan bahwa harga CPO di Rotterdam USUS$1.480/ton atau Rp22.200/kg dan Malaysia RM 4.555/ton atau Rp15.500/kg. 

Gulat menilai rendahnya harga CPO Indonesia akibat dari pemberlakuan sejumlah regulasi, antara lain, penerapan domestick market obligation (DMO), domestic price obligation (DPO), Floush Out (FO), Bea Keluar (BK) dan Pungutan Ekspor (PE). Sejumlah regulasi tersebut memberikan dampak yang nyata bagi petani sawit.

Baca juga: Harga TBS Sawit Terus Merosot, Petani Usul ke Pemerintah Bangun Pabrik Kelapa Sawit

Hal senada dilontarkan akun twitter @Andreas31417494 melalui cuitannya pada Rabu 6 Juli 2022 yang menyuarakan perjuangan petani sawit. Dalam cuitannya, ia mengatakan bahwa petani sawit harus berjuang melawan ketidak-adilan. Ia juga menambahkan kalau petani sawit berhak mendapatkan penghasilan yang layak.

"Petani sawit harus berjuang melawan ketidak-adilan. Petani sawit berhak mendapatkan penghasilan yang layak," cuitnya, mengutip terkiniid.

Akun yang dikelola oleh Andreas tersebut juga memposting foto dari tuntutan petani sawit. Adapun tuntutan petani sawit adalah: 
1. Normalisasi Rantai Pasar : Cabut DMO-DPO,FO, & Pungutan Non Pajak. 
2. Turunkan Pajak Ekspor/Bea Keluar. 
3. Bubarkan BPDPKS atau Hulusasi Pungutan BPDPKS berbasis Produksi HGU. 
4. Mandatorikan PTPN Sawit untuk Minyak Goreng & Biodiesel Nasional. 
5. Hentikan pembebasan Subsidi Minyak Goreng dan Biodiesel dari Petani Sawit.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])