Italia Rekomendasikan Dosis Keempat Vaksin Covid-19

Nusantaratv.com - 21 Februari 2022

Italia rekomendasikan kelompok rentan terima dosis keempat vaksin Covid-19. (Istimewa)
Italia rekomendasikan kelompok rentan terima dosis keempat vaksin Covid-19. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kementerian Kesehatan Italia merekomendasikan pemberian dosis keempat vaksin Covid-19.

Dosis keempat ini hanya diperuntukkan bagi kelompok rentan. Yakni, hanya mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah. Dikutip dari Reuters, Senin (21/2/2022), Kementerian Kesehatan Italia menjelaskan, mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah direkomendasikan menerima vaksin Covid-19 keempat dengan tipe mRNA. 

Di mana jeda pemberian booster keempat dilakukan 120 hari sejak mereka menerima booster ketiga. "Komisioner khusus yang ditunjuk pemerintah untuk keadaan darurat Covid-19 akan menetapkan tanggal mulai berlakunya rekomendasi ini," kata Kementerian Kesehatan Italia.

Kementerian Kesehatan Italia menambahkan, keputusan ini diambil karena penularan Covid-19 masih tinggi. Selain itu, booster keempat diharapkan dapat menekan angka kematian akibat Covid-19.

"Suntikan booster cukup efektif dalam mencegah kematian terkait Covid-19 dan mengurangi gejala berat," lanjutnya.

Italia menjadi salah satu negara di Eropa yang terdampak parah Covid-19. Mereka telah mencatat 152.848 kematian akibat virus corona sejak wabah merebak pada Februari 2020.

Sementara jumlah korban meninggal di Italia merupakan tertinggi kedua di Eropa di belakang Inggris dan tertinggi kedelapan di dunia. Sedangkan kasus positif telah mencapai 12,4 juta kasus.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close