Istri Rafael Alun Kembali Diperiksa KPK

Nusantaratv.com - 27 Juli 2023

Istri Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek. (Net)
Istri Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Penyidik KPK kembali memeriksa sejumlah saksi di kasus gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) eks pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo. Salah satu yang diperiksa hari ini ialah istri Rafael Alun, Ernie Meike Torondek.

"Penyidikan perkara dugaan penerimaan gratifikasi perpajakan dan TPPU dengan tersangka RAT. Hari ini (27/7/2023) bertempat di Gedung Merah Putih KPK tim penyidik menjadwalkan pemanggilan saksi-saksi," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (27/7/2023).

Di samping istri Rafael, ada sejumlah saksi lain yang diperiksa KPK hari ini. Ali mengatakan pemeriksaan dilakukan di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Berikut empat orang yang diperiksa KPK hari ini berdasarkan keterangan dari Ali Fikri:

1. Ernie Meike Torondek, ibu rumah tangga
2. Christofer Dhyaksa Darma, wiraswasta
3. Among Sandi Laksana, wiraswasta
4. Untung Wijaya, Direktur CV Rajawali Diesel

Pemeriksaan ini merupakan kedua kalinya bagi istri Rafael. Pemeriksaan pertama Istri Rafael pada 4 Juli 2023. Penyidik mencecar Ernie soal asal-usul kekayaan Rafael Alun.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya di antaranya terkait dengan sumber penghasilan tersangka RAT," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (5/7/2023).

Pemeriksaan Ernie dilakukan pada Selasa (4/7/2023) di gedung KPK, Jakarta Selatan. Ali mengatakan penyidik juga menelusuri kepemilikan aset Rafael Alun dari keterangan istrinya.

"Pendalaman adanya dugaan kepemilikan berbagai aset mewah dan bernilai ekonomis dengan menggunakan identitas pihak-pihak lain yang dinilai tidak wajar," tutur Ali

Sebelumnya, Rafael Alun ditetapkan sebagai tersangka penerima gratifikasi. Dalam perkembangannya, KPK juga menetapkan eks pegawai Ditjen Pajak ini sebagai tersangka dalam kasus pencucian uang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close