Israel Usir Warga Palestina di Kamp Bureij Wilayah Gaza Tengah

Nusantaratv.com - 25 Desember 2023

Warga Palestina di jalur Gaza
Warga Palestina di jalur Gaza

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Perang Israel di Gaza sekali lagi memaksa ribuan warga Palestina mengungsi ketika tentara Israel mengeluarkan perintah evakuasi baru di Jalur Gaza tengah.

Avichay Adraee, juru bicara militer Israel, menyampaikan arahan tersebut pada hari Jumat melalui platform media sosialnya, mendesak penduduk kamp Bureij dan wilayah tengah Gaza lainnya untuk segera mengosongkan rumah mereka dan pindah ke kota selatan Deir el-Balah.

Dalam pesannya, Adraee menyatakan, “Kepada warga Kamp Al-Bureij dan lingkungan Badr, Pantai Utara, Al-Nuzha, Al-Zahra, Al-Buraq, Al-Rawda, dan Al-Safa di wilayah selatan. dari Wadi Gaza: Demi keselamatan Anda, Anda harus segera pindah ke tempat penampungan di Deir Al-Balah.”

Laporan dari wilayah tersebut menunjukkan bahwa tentara Israel secara langsung menghubungi penduduk di beberapa daerah, memaksa mereka untuk segera mengungsi, sehingga menyebabkan ribuan orang menuju ke selatan.

Di pintu masuk Bureij, para pengungsi terlihat membawa barang-barang, selimut, dan kebutuhan pokok mereka di atas gerobak yang ditarik oleh keledai. Beberapa melakukan improvisasi dengan meletakkan alas tidur di atas kendaraan saat mereka menuju Deir el-Balah.

Banyak di antara para pengungsi, yang sudah bergulat dengan konsekuensi dari evakuasi sebelumnya selama 77 hari konflik, percaya bahwa perintah terbaru ini semakin memperparah krisis kemanusiaan, terutama mengingat banyak dari mereka yang telah mengalami pengungsian berkali-kali, terutama dari wilayah utara.

Di lokasi yang berbeda, serangan yang dilakukan Israel semakin menggila setelah Dewan Keamanan PBB (DK PBB) menyerukan peningkatan akses.

“Hentikan genosida sekarang,” kata Pendeta Bethlehem Munther Isaac, ketika gereja-gereja di seluruh Palestina membatalkan Natal.

Sementara itu, Jurnalis Ahmad Jamal Al Madhoun terbunuh di Gaza, menjadikan jumlah korban tewas jurnalis menjadi 101, kata kantor media pemerintah di Gaza.

Sampai saat ini tercatat lebih dari 20.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel sejak 7 Oktober lalu, sedangkan Korban tewas akibat serangan Hamas terhadap Israel hanya mencapai hampir 1.140 orang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close