Israel Siap Gencatan Senjata dengan Imbalan Pembebasan 35 Sandera

Nusantaratv.com - 23 Desember 2023

Ilustrasi. Bendera Israel. (Istimewa)
Ilustrasi. Bendera Israel. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Israel siap melakukan gencatan senjata selama satu pekan dengan imbalan pembebasan sekitar 35 sandera yang ditahan di daerah kantong tersebut oleh kelompok militan Palestina Hamas, saluran TV CNN melaporkan mengutip pejabat tinggi Amerika Serikat (AS).

Melansir kantor berita Rusia, TASS, Sabtu (23/12/203), para sandera tersebut terdiri dari perempuan, pada lansia (lanjut usia) serta sejumlah orang yang terluka. Kendati demikian, saluran TV CNN itu tidak merinci tanggapan perwakilan Hamas terhadap kesepakatan gencatan senjata tersebut.

Awal pekan ini, Presiden Israel Isaac Herzog mengatakan negaranya siap untuk kembali melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza. Selain itu, Israel juga akan mengizinkan peningkatan jumlah bantuan kemanusiaan bagi penduduk daerah kantong tersebut untuk memastikan pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas.

Diketahui, ketegangan kembali berkobar di Timur Tengah ketika kelompok militan Palestina Hamas melancarkan serangan mendadak ke wilayah Israel dari Jalur Gaza, pada 7 Oktober lalu.  

Hamas menggambarkan serangannya sebagai respons atas tindakan agresif otoritas Israel terhadap Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem. Israel telah mengumumkan blokade total terhadap Jalur Gaza dan melancarkan serangan roket ke Gaza serta beberapa distrik di Lebanon dan Suriah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close