Israel Larang Warga Palestina Memasuki Masjid Ibrahimi di Kota Hebron

Nusantaratv.com - 19 November 2022

Pemandangan Masjid Ibrahimi di Kota Hebron, Tepi Barat, Palestina, pada 10 Agustus 2021 (Mamoun Wazwaz/Anadolu Agency)
Pemandangan Masjid Ibrahimi di Kota Hebron, Tepi Barat, Palestina, pada 10 Agustus 2021 (Mamoun Wazwaz/Anadolu Agency)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Otoritas pendudukan Israel melarang warga Palestina memasuki Masjid Ibrahimi di Kota Hebron.

Kementerian Wakaf Palestina dalam pernyataannya mengatakan, Israel menutup Masjid Ibrahimi mulai Jumat (18/11/2022) sore hingga Sabtu (19/11/2022) malam waktu setempat. 

"Otoritas pendudukan akan menutup Masjid Ibrahimi, mulai Jumat sore hingga Sabtu malam," kata Kementerian Wakaf Palestina, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Sabtu (19/11/2022). Disebutkan tindakan itu dilakukan dengan dalih merayakan hari Sabat Yahudi.

Kementerian Wakaf Palestina menambahkan, otoritas Israel memanfaatkan hari raya Yahudi untuk menindas warga Palestina dengan menjatuhkan hukuman kolektif kepada mereka. Termasuk mencegah warga Palestina mengakses tempat-tempat suci, dan menginterogasi mereka di pos pemeriksaan militer.

"Setiap tahun, Masjid Ibrahimi ditutup total selama sepuluh hari sehubungan dengan hari raya keagamaan Yahudi," lanjut pernyataan Kementerian Wakaf Palestina.

Masjid Ibrahimi terletak di Kota Tua Hebron, berada di bawah kendali pendudukan Israel. Masjid itu diyakini telah dibangun di atas makam Nabi Ibrahim. Pada 25 Februari 1994, pemukim ekstremis Yahudi Israel, Baruch Goldstein menembaki jamaah Palestina selama salat Subuh di masjid Ibrahimi. Serangan ini menewaskan 29 orang dan melukai sekitar 200 lainnya.

Insiden ini menuai aksi protes dari warga Palestina. Selama protes dan bentrokan, pasukan pendudukan Israel membunuh 20 warga Palestina dan melukai lebih dari 150 orang lainnya.

Sejak itu, pendudukan Israel telah menutup jalan utama di kota dan membagi Masjid Ibrahimi menjadi dua bagian. Satu bagian untuk warga Palestina dan satu bagian lainnya untuk Yahudi. Selama hari raya Yahudi, Israel melarang warga Palestina memasuki masjid.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])