Israel dan Hamas Terbuka Terhadap Gencatan Senjata Baru dan Pembebasan Sandera

Nusantaratv.com - 18 Desember 2023

Israel dan Hamas terbuka terhadap gencatan senjata baru, dan pembebasan sandera, meskipun masih ada perbedaan pendapat mengenai bagaimana hal itu akan dilaksanakan. (Reuters)
Israel dan Hamas terbuka terhadap gencatan senjata baru, dan pembebasan sandera, meskipun masih ada perbedaan pendapat mengenai bagaimana hal itu akan dilaksanakan. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Dua sumber keamanan Mesir pada Minggu (17/12/2023) mengatakan, Israel dan Hamas sama-sama terbuka terhadap gencatan senjata baru, dan pembebasan sandera, meskipun masih ada perbedaan pendapat mengenai bagaimana hal itu akan dilaksanakan.

"Mesir dan Qatar, sebelumnya telah merundingkan gencatan senjata selama seminggu dan pembebasan sandera, serta bersikeras mempercepat bantuan dan pembukaan penyeberangan Kerem Shalom sebelum negosiasi dimulai," kata sumber tersebut, seperti dilaporkan Reuters, Minggu (17/12/2023).

Kendati penyeberangan dibuka, mereka mengatakan bantuan tertunda karena inspeksi dan masih belum masuk ke Gaza.

Harapan bagi perdamaian muncul pada Sabtu (16/12/2023) ketika sebuah sumber mengatakan kepala mata-mata Israel telah berbicara pada Jumat (15/12/2023) dengan Perdana Menteri (PM) Qatar.

"Hamas bersikeras menetapkan daftar sandera untuk dibebaskan secara sepihak, dan menuntut agar pasukan Israel mundur ke belakang garis yang telah ditentukan," sebut sumber tersebut kepada Reuters.

Meskipun Israel menyetujui Hamas untuk menetapkan daftar tersebut, sumber-sumber tersebut mengatakan jika Israel meminta batas waktu dan melihat daftar tersebut sebelum menetapkan waktu dan durasi gencatan senjata. "Israel menolak untuk menarik diri," tambah sumber tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close