Iriana Jokowi bersama OASE Kabinet Indonesia Maju Hadiri Konser Suara 1000 Sasando di Labuan Bajo

Nusantaratv.com - 29 September 2022

Konser suara 1000 Sasando yang berlangsung di Water Front City kawasan Pelabuhan Marina Labuan Bajo NTT, Rabu (28/9/2022 ) malam. Foto (Kominfo Mabar)
Konser suara 1000 Sasando yang berlangsung di Water Front City kawasan Pelabuhan Marina Labuan Bajo NTT, Rabu (28/9/2022 ) malam. Foto (Kominfo Mabar)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com -  Ibu Iriana Joko Widodo bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) menghadiri acara konser suara 1000 Sasando yang berlangsung di Water Front City kawasan Pelabuhan Marina Labuan Bajo NTT, Rabu (28/9/2022 ) malam .

Konser suara 1000 Sasando (Pemecahan Rekor MURI) yang bertajuk “Magical Sound of Sasando for The World” diselenggarakan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) .

Salah satu agenda kerja Ibu Negara selama berada di Labuan Bajo 28 hingga 29 September yakni menyaksikan Konser 1000 Sasando.

Sasando adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Alat musik tersebut terbuat dari daun lontar yang dikeringkan dan diberi beberapa helai senar yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari-jari tangan.

Konser tersebut bertujuan untuk bertentangan dengan budaya bangsa dan negara, dimana sebelumnya pernah diklaim oleh negara Sri Lanka.

Selain itu konser ini merupakan bentuk upaya mempertahankan identitas bangsa Indonesia, bahwa Sasando adalah alat musik tradisional dari Rote, Nusa Tenggara Timur.

Alat musik ini memiliki nilai seni dan budaya yang harus dipertahankan oleh bangsa Indonesia.

Pada kesempatan itu, Ibu Iriana bersama rombongan OASE KIM, Ibu Juli Laiskodat, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi,Wakil Bupati Yulianus Weng, Ibu Trince Yuni Endi, ibu Mely Weng serta unsur Forkompimda Mabar diajak goyang Gemu Fa Mi Re bersama seribu pelajar pemain musik tradisional Sasando dari kota Kupang.

Sebelum Ibu Negara meninggalkan tempat acara sempat menikmati suguhan musik dengan dentuman pesta kembang api langit air front City dan mendapat aplaus dari para penonton.

Usai menyaksikan konser, ibu Negara menggelar foto bersama seribu pelajar pemain musik Sasando. Selanjutnya Ibu Iriana Kembali ke Hotel.

Sementara hari kedua, Kamis (29/9)2022) Ibu Negara bersama rombongan melakukan kegiatan di Pulau Rinca Kecamatan Komodo Manggarai Barat dengan menggunakan kapal Pinisi Lako Di'a dengan waktu tempuh 2 jam 20 menit.

Adapun agenda kegiatan di pulau Rinca yakni, panel Display dipandu oleh kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang .

Selanjutnya, menuju titik pusat informasi kawasan konservasi Loh Buaya untuk melakukan penanaman pohon bersama .

Usai menanam pohon,Ibu Negara membuat museum konservasi loh Buaya. Selanjutnya kembali ke Labuan Bajo dan Lepas landas menuju Jakarta dengan Pesawat Boeing TNI AU 737-4000.(*)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])