Inspektorat DKI: PNS Dinkes Pamer Gaji Rp 34 Juta Belum Lapor Semua Aset

Nusantaratv.com - 23 Mei 2023

dr Ngabila Salama. (Net)
dr Ngabila Salama. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemprov DKI Jakarta melakukan pemanggilan terhadap dr Ngabila Salama, pegawai negeri sipil (PNS) Dinas Kesehatan (Dinkes) yang jadi sorotan publik lantaran memamerkan gaji sebesar Rp 34 juta per bulan. Pemanggilan awal dilakukan Dinkes selaku instansi tempat Ngabila berdinas.

Kepala Inspektorat DKI Jakarta Syaefulloh menjelaskan dirinya telah menerima laporan hasil pemanggilan awal dari Plt Kepala Dinas Kesehatan Ani Ruspitawati. Hasilnya, Ngabila mengaku belum melaporkan seluruh hartanya ketika mengisi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Kemarin Bu Kadis sudah dalam pertemuan memanggil yang bersangkutan sudah memerintahkan yang bersangkutan untuk segera melakukan pembetulan LHKPN. Beliau sudah mengakui bahwa belum seluruh asetnya dilaporkannya di LHKPN," ujar Syaefulloh, Selasa (23/5/2023).

Dirinya pun meminta agar Ngabila segera memperbaiki dan melaporkan seluruh harta kekayaannya secara transparan.

"Maka dari itu kita dorong dan instruksikan bisa segera melaporkan hal seluruh aset yang dimiliki beserta sumber perolehannya secara baik dan benar ke KPK," kata dia.

Inspektorat juga menjadwalkan pemanggilan terhadap yang bersangkutan. Prinsipnya, dia meminta agar seluruh ASN menaati surat edaran Sekda DKI Jakarta yang meminta agar menerapkan pola hidup sederhana dan menjauhi perilaku pamer harta atau flexing.

"Insyaallah kita panggil, yang pasti kita harus ingatkan bahwa semua pegawai harus menaati surat edaran sekda yabg sudha terbit beberapa waktu yang lalu untuk meberapkan pola hidup sederhana. Kemudian juga menjauhi flexing atau menggunakan media sosial yang lebih bijaklah. Kan nggak semua harus diungkap di media sosial," jelas dia.

Sebelumnya, Ngabila mengunggah cuitan di akun Twitter pribadinya. PNS Dinkes DKI Jakarta itu merespons suatu pembicaraan dan menyebut gajinya mencapai puluhan juta meski bukan kalangan pejabat. Cuitan Ngabila lantas menuai banyak kritik dan berujung permintaan maaf.

dr Ngabila lalu angkat bicara usai cuitannya mendapatkan kritik tajam masyarakat. Melalui akun Twitter pribadinya, Ngabila menyampaikan permintaan maaf.

"Saya juga meminta maaf sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang dirugikan. Juga instansi saya atas perbuat yang tidak bijak tersebut," cuit Ngabila seperti dilihat, Sabtu (20/5).

Ngabila memiliki kekayaan Rp 73.188.080. Data itu merujuk pada Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2022 milik Ngabila.

Data itu merupakan kekayaan yang dimiliki Ngabila di sepanjang tahun 2022. Dari data di LHKPN, Ngabila tercatat memiliki aset berupa satu mobil senilai Rp 40 juta.

Ngabila juga memiliki kas dan setara kas senilai Rp 33.188.080. PNS golongan III D ini tercatat tidak memiliki utang. Secara keseluruhan Ngabila memiliki kekayaan sebesar Rp 73.188.080.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close