Ini Pesan Wapres KH Ma'ruf Amin saat Lepas Jamaah Haji Aceh Kloter Pertama

Nusantaratv.com - 30 Mei 2024

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin melepas keberangkatan jamaah haji kloter pertama Embarkasi Aceh (BTJ-01) di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. (Foto: Humas Kemenag)
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin melepas keberangkatan jamaah haji kloter pertama Embarkasi Aceh (BTJ-01) di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. (Foto: Humas Kemenag)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Keberangkatan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Aceh (BTJ-01) di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, dilepas Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin. 

Orang nomor dua di Tanah Air itu meminta jamaah menjaga kesehatan mereka sehingga dapat melaksanakan ibadah haji hingga tuntas.

Sebanyak 393 jamaah asal Aceh Besar dan Sabang tiba di bandara sekitar pukul 16.00 WIB, Rabu (29/5/2024). Mereka telah mengenakan pakaian ihram.

Setelah jamaah masuk ke pesawat, proses pelepasan dimulai. Wapres dan Ibu Wury Ma'ruf Amin, didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah, masuk pesawat. 

"Sore ini, saya mengantar keberangkatan jamaah haji Aceh. Jamaah haji Aceh rata-rata menunggu keberangkatannya sampai 34 tahun," kata Wapres, seperti dikutip dari laman Kementerian Agama (Kemenag), Kamis (30/5/2024).

Pria kelahiran Tangerang, 81 tahun silam itu, menyebutkan sebagian besar jamaah yang berangkat merupakan lansia. Namun, mereka dalam kondisi sehat dan ceria.

"Sebagian jamaah yang berangkat merupakan lansia bahkan tadi saya lihat ada yang 82 tahun," imbuhnya.

Wapres meminta jamaah menjaga kesehatan dan membawa air minum mengingat panasnya cuaca di Arab Saudi. Pemerintah telah menyiapkan petugas untuk dapat membimbing jamaah selama menjalankan ibadah haji.

"Saya juga minta jamaah untuk mewaspadai cuaca panas di Tanah Suci yang sampai 43 derajat. Mereka kita minta selalu membawa air, dan tidak terlalu memaksa diri dalam beribadah supaya pelaksanaan ibadah haji yang wajib tidak tertinggal," jelas Wapres.

Sementara itu, Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah mengucapkan selamat atas keberangkatan jemaah haji Aceh. 

"Saya menyampaikan ucapan selamat dan doa yang tulus. Semoga perjalanan bapak/ibu semua diberkahi dan diberikan kelancaran serta kemudahan," tukas Bustami.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close