Ini Penyebab Leon Dozan Hina Polri Kala Viral Aniaya Pacar

Nusantaratv.com - 17 November 2023

Leon Dozan. (Net)
Leon Dozan. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Artis Leon Dozan ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan penghinaan institusi Polri. Lantas apa motif Leon Dozan menghina Polri kala menganiaya pacarnya Rinoa Aurora?

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menjelaskan, Leon Dozan menghina institusi Polri saat Rinoa mengatakan akan lapor ke polisi atas penganiayaan yang dilakukan Leon. Atas niat sang pacar, Leon lalu menghina institusi Polri.

"Di bawah faktor emosi, di bawah faktor karena yang bersangkutan cemburu dan sebagainya, karena si korban ingin melaporkan kepada polisi, kemudian tersangka menantang kepada korban (untuk lapor polisi disertai) dengan mengatakan umpatan-umpatan kepada institusi Polri," ujar Kombes Susatyo dalam jumpa pers, Jumat (17/11/2023).

Atas ucapan itu, pihak kepolisian memproses dugaan penghinaan institusi yang dilakukan Leon. Putra artis laga senior, Willy Dozan, itu pun akhirnya berhadapan dengan dua masalah hukum.

"Terhadap ucapan yang disampaikan tersangka yang menghina institusi Polri, kami juga hari ini telah menerbitkan laporan polisi terkait penistaan terhadap institusi Polri," kata dia.

"Bagaimana ucapan-ucapan tersebut disampaikan dengan lantang dan jelas terhadap institusi Polri," imbuh Susatyo.

Leon dijerat dengan Pasal 207 KUHP. Dia terancam hukuman pidana penjara selama 1,5 tahun.

"Sehingga kami menerapkan Pasal 207 KUHP terhadap tersangka atas penghinaan institusi," ucapnya. 

Leon sendiri telah menyampaikan permintaan maaf atas ucapan menghina institusi Polri. Secara khusus, dia menyampaikan permintaan maaf kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo selaku pimpinan Polri.

"Assalamualaikum, kepada yang terhormat Pak Kapolri," kata Leon Dozan kala dihadirkan dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Pusat.

"Terutama saya minta maaf karena saya sudah melakukan kesalahan telah mengata-ngatai institusi Polri," imbuhnya.

Dia mengaku khilaf dan menyesali perbuatannya.

"Saya khilaf atas perbuatan saya dan saya menyesal," kata Leon.

Kasus ini mencuat setelah video Leon diduga melakukan penganiayaan terhadap A beredar di media sosial. Dalam video yang beredar, nampak Leon Dozan memiting wanita tersebut.

Korban pun terlihat mengalami sejumlah luka diduga akibat penganiayaan. Leon itu juga terdengar tak takut jika dilaporkan ke polisi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close