Ini Penyebab Ibu Lemas di TKP Mayat Bapak-Anak Membusuk

Nusantaratv.com - 02 November 2023

Lokasi mayat membusuk di Koja. (Detikcom)
Lokasi mayat membusuk di Koja. (Detikcom)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Nur Hikmah Fuzianti (31), ibu rumah tangga, ditemukan lemas dan linglung di lokasi penemuan mayat suami dan anak lelakinya di Jalan Balai Rakyat V, Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara. Nur Hikmah lemas serta linglung disebut lantaran kelaparan.

Ini diungkap oleh dr Diana N, yang berpraktik di lokasi dekat rumah korban. Menurutnya, kondisi kelaparan sempat diderita ibu dan anak yang diselamatkan Babinsa Koramil 01 Koja, Kodim 0502 Jakarta Utara, Serda Bambang Dwi Ratmoko, dari rumah yang menjadi tempat penemuan jenazah.

Warga membawa Nur Hikmah beserta anaknya yang ditemukan masih hidup ke klinik umum terdekat untuk mendapat pertolongan pertama. Diana yang menangani pertama kali kedua korban selamat itu.

"Gejala ini (kekurangan asupan makanan dan cairan) ditemukan pada ibu dan anak, tapi lebih parah di ibu. Kalau anaknya masih agak mendingan lah, lebih segar," ujar Diana, Kamis (2/11/2023).

Ia mengatur, kondisi ibunya terindikasi depresi lantaran ketika ditanya jawabnya tidak menyambung (linglung), hanya mengatakan pusing. Padahal, menurut dia, tubuh ibu dan anak juga tidak terdapat tanda luka-luka.

"Karena yang saya tanyakan itu di rumah ada siapa saja, dia tidak kenal bilangnya. Seperti ada tanda-tanda depresi," kata Diana.

Usai diberi obat pusing dan obat lambung serta diberi makanan, keduanya dievakuasi menggunakan ambulans PMI ke Rumah Sakit Pelabuhan.

Lurah Tugu Selatan Sukarmin memastikan keluarga yang menghuni rumah di Tugu Selatan, Koja, itu tergolong mampu dengan kategori ekonomi keluarga menengah ke atas.

Suami Nur Hikmah, Hamka Rusdi (50), diketahui memiliki usaha sejenis pemberangkatan perjalanan ibadah. Selain itu, status kepemilikan rumahnya merupakan milik sendiri. Hamka Rusdi pun memiliki satu unit mobil dan sepeda motor.

"Dia rumahnya dua lantai, perkiraan 12 x 12 meter, ada hook-nya, lantai atas rumah, bawahnya dikontrakkan buat warung. Punya mobil yang tampak satu tapi kata tetangga ada dua mobilnya," ujar Sukarmin, Sabtu (28/10/2023).

Diketahui, di rumah ditemukan Nur Hikmah Fuzianti (31), istri korban yang ditemukan tewas, Hamka Rusdi (50). Sementara anak wanita yang ditemukan masih hidup merupakan anak pertamanya, Afidah Dzakiah (4), bersama yang tewas anak kedua, Abid Qushayyi (2).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close