Ini Panggilan Spesial Jokowi ke Biden dan Xi Jinping

Nusantaratv.com - 18 November 2022

Xi Jinping dan Joe Biden. (Net)
Xi Jinping dan Joe Biden. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memiliki panggilan spesial bagi Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

Jokowi membeberkan panggilan spesial itu kepada sejumlah pemimpin media massa sebelum bertolak ke Bangkok, di Apurva Hotel, Kamis (17/11/2022).

"Kalau saya kan panggil Biden 'My Senior', panggil Xi Jinping 'Kakak Besar', kalau (Presiden) Rusia (Vladimir Putin) 'My Brother,'" ujar Jokowi.

Panggilan khusus dari Jokowi untuk Putin juga sempat terungkap saat ia menelpon orang nomor satu di Rusia itu.

Putin membeberkan sapaan tersebut kala menjadi pembicara di Valdai Discussion Club yang bertajuk "Dunia Pasca Hegemoni:Keadilan dan Keamanan untuk Semua" di Moskow pada 24-27 Oktober lalu.

"Ketika Presiden Jokowi menelepon saya dan beliau memanggil saya 'saudaraku,'saya juga memanggil beliau 'saudaraku'," tutur Putin dalam acara itu.

Di samping ketiga pemimpin negara itu, Jokowi juga memiliki panggilan spesial untuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Ia memanggil Erdogan dengan sapaan "big brother."

Selain membahas panggilan khusus, Jokowi juga menyampaikan di balik keberhasilan gelaran KTT G20.

Beberapa di antaranya, bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk mengantisipasi hujan di area KTT, mencicipi makan untuk gala dinner, serta memilih Garuda Wisnu Kencana menjadi tempat makan malam G20.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close