Ini Motif Koboi Jalanan Mampang Acungkan Airsoft Gun saat Naik Mobil

Nusantaratv.com - 26 Maret 2024

Tangkap layar - pelaku aksi koboi di Mampang. (Foto: Instagram/Jakartaselatan24jam)
Tangkap layar - pelaku aksi koboi di Mampang. (Foto: Instagram/Jakartaselatan24jam)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kapolsek Mampang, Kompol David Kanitero dalam jumpa pers di Mako Polsek Mampang pada Senin (25/3), pelaku mengakui bahwa mobil korban telah memotong jalannya, sehingga ia terpancing emosi untuk mengejar mobil tersebut sambil menodongkan senjata softgun.

Lebih lanjut, penyidik mengungkap bahwa pelaku memiliki senjata softgun yang dibeli seharga Rp 2 juta dari sesorang di Padang dan pelaku juga membeli dua proyektil senjata api aktif secara daring.

“Tersangka mengakui bahwa satu pucuk senjata soft gun didapatkan dari pelaku lain inisial KS yang berada di Padang dengan harga Rp 2 juta. Selain itu, barang bukti dua proyektil senjata api aktif dibeli pelaku melalui online,” Kata Kanitero.

Alasan pelaku membawa senjata softgun tersebut, menurut Kanitero adalah semata-mata untuk gaya-gayaan dan menakut-nakuti korban. Namun, pengakuan pelaku juga mengindikasikan bahwa dia telah melakukan kejahatan lain dengan menggunakan cara pengancaman serupa, yang saat ini masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

Barang bukti yang disita termasuk dua senjata softgun, dua butir peluru tajam, satu tabung gas softgun, mobil pelaku, serta pakaian yang digunakan dalam aksinya. 

Pelaku dijerat dengan Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat No 12 Tahun 1951 Jo Pasal 335 ayat 1 KUHP.

Sebelumnya, sebuah video viral menampilkan seorang koboi jalanan bersenjata yang mengejar pengendara mobil lainnya di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, menggemparkan jagat maya. Namun, kini kejadian itu menemukan titik terang dengan penangkapan pelakunya di kediamannya di Daerah Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (23/3).

Pelaku yang diidentifikasi sebagai HRR (32), merupakan seorang karyawan swasta di bidang kontraktor, ditangkap saat sedang istirahat di rumahnya di kawasan Bogor. 

Kepolisian berhasil mengamankan pelaku berkat kerja cepat tim pimpinan Kanit Reskrim AKP Iwan, hanya dalam waktu enam jam sejak kejadian.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close