Ini Hasil Rekomendasi Eksternal Rakernas IV PDIP

Nusantaratv.com - 01 Oktober 2023

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Rakernas IV PDIP.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Rakernas IV PDIP.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - PDI Perjuangan menghasilkan sembilan poin rekomendasi eksternal di sisi pangan setelah menyelesaikan Rapat Kerja Nasional IV yang dilaksanakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta selama tiga hari yang dimulai dari Jumat (29/9) hingga Minggu (1/10).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjadi tokoh dari parpol berlambang Banteng moncong putih yang membacakan rekomendasi eksternal Rakernas IV di panggung utama acara.

Dia mengatakan Rakernas IV membahas tentang kedaulatan pangan dengan memanfaatkan keanekaragaman hayati sampai budidaya demi mewujudkan kedaulatan pangan.

"Rakernas IV Partai merekomendasikan pokok-pokok kebijakan kedaulatan pangan Indonesia, pertama pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai sumber pangan secara keberlanjutan melalui diversifikasi pangan lokal, kedua peningkatan budidaya pertanian dan kualitas produksi pangan melalui riset dan inovasi yang dihasilkan BRIN yang berdampak bagi peningkatan kesejahteraan petani, nelayan, dan produsen pangan lainnya melalui penetapan harga dasar produk pangan penting dan perlindungan harga di tingkat produsen, ketiga konsistensi pelaksanaan perlindungan lahan-lahan pertanian produktif dari alih fungsi lahan, keempat dukungan kebijakan moneter, fiskal, dan akses pembiayaan bagi petani, nelayan, dan produsen pangan lainnya, kelima peningkatan teknologi pengolahan atau hilirisasi, komoditas pangan secara produktif, efisien, berdaya saing, dan berkelanjutan dengan dukungan riset dan inovasi, keenam pembangunan Insfrastuktur dan sarana produksi pangan secara tepat dan terintegrasi, ketujuh sinergisitas kebijakan pembangunan pangan antara pemerintah pusat dan daerah terutama dalam pelaksanaanya, dan kedelapan pemberlakuan bea masuk terhadap impor pangan untuk melindungi komoditas dan produk pangan dalam negeri, dan menggunakannya bagi kebutuhan pembiayaan riset dan inovasi untuk peningkatan produksi pangan nasional secara keberlanjutan," kata Hasto membacakan poin pertama rekomendasi eksternal, Minggu.

Dia mengatakan rekomendasi eksternal kedua berisi perintah kepada tiga pilar PDIP menerapkan terlebih dahulu kebijakan politik tentang kedaulatan pangan.

"Rakernas IV partai merekomendasikan agar beberapa hal terkait kebijakan politik kedaulatan pangan untuk diterapkan terlebih dahulu oleh tiga pilar partai di setiap tingkatan dan disertai dengan gerakan mengkonsumsi pangan lokal, termasuk sepuluh makanan pendamping beras seperti hanjali, talas, sukun, jagung, sagu, sorgum, pisang, porang, ubi, dan singkong," kata Hasto membacakan poin kedua rekomendasi.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu menyebut rekomendasi eksternal Rakernas IV membahas perlunya pemerintah pusat menempatkan riset mengurangi impor pangan.

"Rakernas IV Partai mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk menempatkan penguasaan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi sebagai prioritas melalui program-program konkret beserta target pencapaian dalam jangka waktu tertentu guna mengurangi ketergantungan pangan impor seperti gandum, beras, kedelai, jagung, garam, gula, daging, buah-buahan, sayur-sayuran, bawang putih dan lain-
lain," kata Hasto.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu melanjutkan Rakernas IV membahas pentingnya penelitian dan pengembangan bibit unggul di sektor pertanian.

"Rakernas IV Partai merekomendasikan pentingnya penelitian dan pengembangan bibit dan benih unggul di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Kegiatan riset dan inovasi ini menjadi bagian dari tanggung jawab BRIN dapat bekerja sama dengan perguruan tinggi ataupun lembaga penelitian lainnya baik dibawah koordinasi pemerintah maupun swasta," ujar Hasto.

Berikutnya, poin kelima dan keenam Rakernas IV PDIP membahas soal perlunya dukungan ke petani dan BRIN demi mewujudkan kedaulatan pangan.

"Rakernas IV Partai mendukung dan memfasilitasi pegembangan benih, teknologi dan inovasi yang dilakukan petani dan melindungi petani dari upaya kriminalisasi melalui reformasi peraturan perundang-undangan," kata Hasto membacakan rekomendasi eksternal Rakernas IV poin kelima.

"Rakernas IV Partai mendukung upaya BRIN dalam melakukan pendataan jenis Tanaman Pangan Indonesia yang saat ini telah mencapai 2.000.000 varietas, dan mendorong pembangunan Pusat Data Pangan Indonesia termasuk keanekaragaman flora, fauna, dan sumber pangan lainnya baik dari darat maupun laut," ujar dia membacakan rekomendasi eksternal Rakernas IV untuk poin keenam.

Hasto mengatakan rekomendasi selanjutnya membahas tentang perlunya pemetaan lahan dan membentuk Bank Pertanian demi mewujudkan kedaulatan pangan.

"Rakernas IV Partai merekomendasikan pemerintah untuk membuat pemetaan
lahan dan regulasi khusus yang berkaitan dengan zonasi lahan subur yang diperuntukan sebagai lahan pertanian dan mencegah terjadinya alih fungsi lahan serta memberikan insentif pajak bumi terhadap lahan produktif untuk tanaman pangan," ujar dia membaca rekomendasi poin ketujuh Rakernas IV.

"Rakernas IV Partai merekomendasikan pemerintah untuk membentuk atau mengalihfungsikan bank milik pemerintah menjadi Bank Pertanian guna meningkatkan akses pembiayaan kepada petani dan nelayan, serta menugaskan BUMN yang bergerak di bidang penelitian, pengembangan produk-produk pertanian, dan pengembangan alat-alat pertanian bagi peningkatan produktivitas sektor pertanian. Berkaitan hal tersebut PDI Perjuangan mendorong perubahan Undang-undang dan peraturan perundangan lainnya bagi landasan kebijakan kedaulatan pangan," kata Hasto membacakan rekomendasi poin kedelapan Rakernas IV.

Terakhir, rekomendasi eksternal Rakernas IV menyinggung soal perlunya kesinambungan pembangunan infrastruktur sektor pangan era Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres RI Maruf Amin.

"Rakernas IV Partai menempatkan seluruh kemajuan pembangunan infrastruktur pangan yang telah dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menjadi landasan utama bagi terwujudnya kedaulatan pangan. Seluruh kemajuan pembangun infrastruktur tersebut akan dilanjutkan oleh PDI Perjuangan dan Bapak Ganjar Pranowo," kata Hasto membacakan rekomendasi eksternal Rakernas IV poin kesembilan.

Selain di sisi kedaulatan pangan, Rakernas IV PDIP juga menghasilkan delapan poin rekomendasi eksternal untuk sisi pemenangan pemilu.

Hasto mengatakan rekomendasi eksternal pertama di sisi pemenangan pemilu berbicara tentang gotong royong.

"Merekomendasikan strategi pemenangan pemilu dengam cara gotong royong yang terpimpin, berbasiskan TPS dan dilakukan seluruh elemen partai yang menyatukan pemenangan legislatif dan presiden sebagai satu kesatuan pemenangan. Berkaitan dengan hal tersebut, setiap anggota, kader, dan simpatisan partai wajib turun dan memperkuat akar rumput, berkomunikasi secara langsung dengan rakyat dan dibantu oleh teknologi informasi dan komunikasi," kata dia di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu ini.

Kemudian rekomendasi eksternal Rakernas IV berbicara soal pengumuman pendamping Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo sebagai cawapres akan diserahkan kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Rakernas IV partai menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDI Perjuangan terhadap pengumuman calon wakil presiden yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo, pada momentum yang tepat. Dengan mempertimbangkan dinamika politik, pergerakan tiga pilar partai di akar tumput, kesiapan badan pemenangan pemilu legislatif, dan konsolidasi tim pemenangan presiden," ujar Hasto.

Selanjutnya, rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP menekankan kedaulatan negara berada di tangan rakyat seperti tertuang dalam UUD 1945.

"Rakernas IV partai menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan negara, berdasarkan UUD 1945 yang menempatkan Pemilu 2024 sebagai momentun transisi kekuasaan secara konstitusional dan demokratis. PDIP bertekad untuk melaksnakan pemilu yang sebagai wahana pemersatu bangsa, melalui kampanye yang mencerdaskan kehidupan bangsa dengan narasi kemajuan, melanjutkan, dan mempercepat keberhasulan pemerintahan Presiden Jokowi," ujar Hasto.

Kemudian, Rakernas IV PDIP juga menghasilkan delapan poin rekomendasi eksternal di sisi pemenangan Pemilu 2024.

"Pertama Rakernas IV Partai merekomendasikan strategi pemenangan Pemilu dengan cara gotong royong, berbasiskan TPS, dan dilakukan oleh seluruh elemen Partai yang menyatukan pemenangan pemilu legislatif dan pemilu presiden sebagai satu kesatuan pemenangan. Berkaitan dengan hal tersebut, setiap Anggota, kader dan simpatisan Partai wajib turun ke akar rumput berkomunikasi secara langsung dengan rakyat didukung oleh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi," kata Hasto.

"Rakernas IV Partai menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDI  Perjuangan terhadap pengumuman calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo pada momentum yang tepat dengan mempertimbangkan dinamika politik, pergerakan Tiga Pilar Partai di akar rumput, kesiapan Badan Pemenangan Pemilu Legislatif, dan konsolidasi Tim Pemenangan Presiden," lanjut Hasto membacakan rekomendasi eksternal poin kedua Rakernas IV di sisi pemenangan pemilu.

Berikutnya, rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP di sisi pemenangan pemilu untuk poin ketiga menyinggung keberlanjutan program Presiden Jokowi.

"Rakernas IV Partai menempatkan rakyat sebagai pemegang kedaulatan Negara berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang menempatkan Pemilu 2024 sebagai momentum transisi kekuasaan secara konstitusional dan demokratis. PDI Perjuangan bertekad melaksanakan Pemilu sebagai wahana pemersatu bangsa melalui kampanye yang mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan narasi kemajuan, melanjutkan dan mempercepat keberhasilan Pemerintahan Presiden Jokowi," kata Hasto.

Dia kemudian menyebut rekomendasi eksternal Rakernas IV di poin keempat membahas tentang pemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI perlu melibatkan semua unsur.

"Rakernas IV Partai bertekad untuk melaksanakan keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan pada tanggal 21 April 2023 yang menetapkan kader PDI Perjuangan Bapak Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden dan menginstruksikan kepada seluruh simpatisan, anggota, dan kader Partai disetiap tingkatan untuk bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat, partai politik pengusung, dan sukarelawan guna memenangkan Pemilu Presiden tahun 2024," kata Hasto.

Setelah itu, rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP di sisi pemenangan pemilu berisi dorongan bagi KPU dan Bawaslu tetap profesional mengurus pemilu.

"Rakernas IV Partai mendorong Penyelenggara Pemilu, KPU, Bawaslu, dan DKPP
di setiap tingkatan untuk menjalankan tahapan kegiatan, dan jadwal Pemilu 2024 sesuai asas Pemilu dan dilaksanakan secara professional dan akuntabel," kata Hasto.

"Rakernas IV Partai mendukung seluruh Penyelenggara Pemilu untuk mengelola data partai politik, anggota partai politik, dan calon anggota Legislatif diseluruh tingkatan dan DPD RI dengan mengedepankan kerahasiaan data pribadi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi," lanjut Hasto membacakan poin keenam rekomendasi eksternal Rakernas IV di sisi pemenangan pemilu.

Setelah itu, rekomendasi eksternal Rakernas IV PDIP di sisi pemenangan pemilu dengan menyarankan pemerintah menyelesaikan status kepegawaian guru dan honorer.

"Rakernas IV Partai merekomendasikan kepada pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan persoalan status kepegawaian dan kesejahteraan tenaga honorer seperti guru, dosen, bidan, perawat, pendamping desa, pendamping PKH, penyuluh pertanian dan perikanan dan lain-lain, termasuk tenaga honorer pada instansi penyelenggara Pemilu," lanjut Hasto membacakan rekomendasi eksternal Rakernas IV untuk poin ketujuh di sisi pemenangan pemilu.

"Rakernas IV Partai mengapresiasi kinerja aparat penegak hukum, KPK, Kejaksaan, dan Polri dalam mencegah dan memberantas korupsi, serta merekomendasikan pentingnya sosialisasi guna meningkatkan kesadaran seluruh komponen masyarakat untuk mencegah korupsi dan praktik politik uang dalam Pemilu," kata dia membacakan poin kedelapan Rakernas IV di sisi pemenangan pemilu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close