Ini Hasil Klarifikasi KPK ke Menpora Dito soal Harta Hadiah Rp 162 M

Nusantaratv.com - 24 Juli 2023

Menpora Dito Ariotedjo. (Net)
Menpora Dito Ariotedjo. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah meminta klarifikasi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo perihal harta berasal dari hadiah senilai Rp 162 miliar. Klarifikasi ini dilakukan via telepon.

"Nah Menpora ini tadi pagi kita klarifikasi. Saya yang nelepon Menpora ini apa dalamnya, suratnya apa. Kan dia nggak lampirin surat apa-apa loh," ujar Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (24/7/2023).

Pahala menjelaskan, klarifikasi dilakukan untuk menelusuri bukti aset senilai Rp 162 miliar yang ditulis Dito sebagai hadiah. Klarifikasi tadi, kata Pahala, menyimpulkan agar Menpora Dito mengganti keterangan hadiah dalam laporan kekayaannya.

"Tadi pagi kita klarifikasi apa sih ini isinya yang namanya hadiah, terutama kita nanya ini nama siapa sebenarnya dan akhirnya disimpulkan dan beliau setuju bahwa beliau akan merevisi LHKPN-nya. Jadi dari kategori hadiah mau diganti hibah tanpa akta," jelas Pahala.

Pahala memastikan KPK tidak akan melakukan klarifikasi lanjutan kepada Dito. KPK memandang asal-usul harta Dito bisa dipertanggungjawabkan.

"Sudah nggak ada lagi (klarifikasi). Beliau akan memperbaiki LHKPN nanti semua yang disebut hadiah-hadiah diganti dengan hibah tanpa akta," kata Pahala.

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Menpora Dito memang sempat membuat kaget KPK. Dalam LHKPN miliknya kekayaan Dito mencapai Rp 282 miliar.

Tapi ada lima aset yang berlabel hadiah. Kelima aset itu terdiri atas empat rumah dan satu mobil senilai Rp 162 miliar.

Dito mengatakan kelima aset hadiah itu diberikan dari mertuanya. Pemberian itu secara khusus merupakan hadiah dari pihak orang tua istri kepada istrinya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close