Ini Dalih Dinas Perumahan DKI Terbitkan IMB Warga Lokasi Kebakaran Plumpang

Nusantaratv.com - 07 Maret 2023

Kebakaran Depo Plumpang. (Net)
Kebakaran Depo Plumpang. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta Sarjoko mengungkapkan alasan izin mendirikan bangunan (IMB) diberikan kepada warga Tanah Merah, Rawabadak, Jakarta Utara. Wilayah tersebut dekat dengan Depo Pertamina Plumpang yang terbakar hebat beberapa waktu lalu.

"Itu sebenarnya hanya semata dukungan supaya kebutuhan layanan dasar di sana itu bisa terpenuhi. Misalnya, air bersih, air minum, kemudian aksesibilitas jalan, kan, gitu. Untuk mobilitas ekonomi," ujar Sarjoko di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (6/3/2023).

Sarjoko pun belum bisa memastikan wilayah mana saja yang pernah diberikan IMB. Dia harus melihat data terlebih dahulu.

Sarjoko mengatakan saat ini opsi penyelesaian jangka panjang masih dibicarakan antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pertamina.

Ia tak bisa memastikan opsi yang diambil nanti apakah memindahkan Depo Pertamina di Plumpang atau relokasi warga ke wilayah yang lebih aman.

"Kita belum tahu apa yang mau dipilih, tentunya baru akan dibicarakan antara Pemprov DKI dengan pihak Pertamina," kata dia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan dua opsi agar kebakaran Depo Pertamina di Plumpang tak terjadi lagi dan memakan korban jiwa serta kerugian rumah warga.

Dua opsi dari Jokowi adalah memindahkan Depo Pertamina ke wilayah reklamasi atau merelokasi penduduk ke zona yang lebih aman.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku akan mengikuti arahan pemerintah pusat mengenai hal itu.

Namun, dia belum membeberkan opsi mana yang akan dipilih.

"Pemprov ikut kebijakan pemerintah pusat," ujar Heru saat ditemui di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (6/2/2023).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close