Ini Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa

Nusantaratv.com - 21 November 2022

Reruntuhan bangunan akibat gempa Cianjur.
Reruntuhan bangunan akibat gempa Cianjur.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Gempa dengan magnitudo (M) 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, turut dirasakan hingga wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kepala BMKG Dwikorita memaparkan prosedur penyelamatan diri saat gempa terjadi.

Ini disampaikan Dwikorita di Gedung DPR, Jakarta, Senin (21/11/2022). Dwikorita bersama anggota DPR pun turut merasakan guncangan saat rapat di Komisi V. Karenanya mereka  keluar dari ruangan rapat untuk menyelamatkan diri.

"Saya minta semuanya keluar karena itu prosedurnya," ujar Dwikorita.

Dwikorita lalu menyampaikan bahwa ada sejumlah prosedur saat gempa terjadi, terutama bagi warga yang tengah berada di dalam ruangan. Kala goyangan terjadi, kata dia, warga harus bersembunyi di bawah meja.

"Saat bergoyang kita harus sembunyi di bawah meja," kata dia.

Lalu, saat goyangan akibat gempa berhenti, warga harus segera keluar dari gedung. Dwikorita mengatakan, gedung harus dikosongkan.

"Setelah berhenti kita harus segera keluar semua. Jadi saya memohon kepada semua agar gedung ini dikosongkan dulu menunggu di luar sampai menungguperkembangan," tuturnya.

Dwikorita juga meminta warga untuk waspada. Karena, ada potensi terjadinya gempa susulan.

"Ada potensi susulan," jelas Dwikorita.

Sebelumnya, gempa M 5,6 mengguncang Cianjur. Gempa terasa kuat di sejumlah wilayah seperti Jakarta, Bogor, Depok hingga Tangerang Selatan.

Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 13.21 WIB, Senin (21/11/2022). Titik koordinat gempa berada di 6,83 LS dan 107,06 BT dengan kedalaman 10 km.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close