Ini Alasan Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Duluan Hari Ini

Nusantaratv.com - 09 April 2024

Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah. (Antara)
Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah di Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut), sudah merayakan Lebaran 2024 pada hari ini. Itu terjadi setelah mereka menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah, atau Hari Raya Idul Fitri, jatuh pada Selasa, 9 April 2024. 

Seiring dengan itu, mereka menggelar salat id pagi tadi.

Salat id dilaksanakan di salah satu lokasi Pondok Suluk Tarekat Naqsabandiyah, Jalan Leman Harahap, Kecamatan Patumbak, Deli Serdang. Ratusan orang memadati lokasi untuk melaksanakan salat Idul Fitri.

Sebelum salat, jemaah yang terdiri atas laki-laki dan perempuan tersebut melaksanakan takbiran terlebih dahulu. Setelahnya, jemaah kemudian melaksanakan salat idul fitri sekitar pukul 07.45 WIB. Usai salat mereka sarapan bersama di lokasi.

"Kita seluruh jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah Bandar Tinggi pada hari ini kita melaksanakan salat Idul Fitri 1445 Hijriah, ini dihitung menggunakan hisab qomariah yang selalu digunakan Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah bertepatan pada hari ini, Selasa, 9 April 2024," ujar Dewan mursidin Syekh Muda Markum. 

Syekh Muda Markum menjelaskan, penetapan waktu idul fitri sudah dihitung oleh majelis fatwa sehingga jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah di seluruh Indonesia, melaksanakan salat id pada hari ini.

"Itu sudah dihitung oleh majelis fatwa yang dipimpin oleh tuan guru kita selaku mursyid sudah diputuskan di seluruh Indonesia serentak melaksanakan idul fitri," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close