Ingin Dekat, Bupati Bandung Tidur di Rumah Warga

Nusantaratv.com - 06 Maret 2022

Bupati Bandung Dadang Supriatna di rumah warga. Foto: Humas Pemkab Bandung.
Bupati Bandung Dadang Supriatna di rumah warga. Foto: Humas Pemkab Bandung.

Penulis: Saifal Ode | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com -  Bupati Bandung Dadang Supriatna kembali melakukan kegiatan Bunga Desa (Bupati Ngamumule Desa). Ngamumule Desa merupakan bahasa Sunda jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti 'merawat desa'.

"Selain ingin memuliakan ulama, juga ingin melaksanakan program saba desa, yang saat ini disebut Bunga Desa (Bupati Ngamumule Desa)," kata Dadang Supriatna di Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Sabtu (5/3/2022). 

Dalam kegiatan Ngamumule Desa itu selain mengunjungi desa-desa, bupati Bandung juga menginap di sebuah rumah gubug milik warga, serta menyantap makanan bersama pemilik rumah.

Tujuan kegiatan saba desa/Bunga Desa ini menurut Bupati Bandung, agar bisa merasakan langsung kondisi masyarakat dan melihat langsung kondisi keseharian masyarakat. 

"Apa yang kurang dalam pembangunan, pelayanan atau pun yang lainnya. Disamping itu, kita pun lebih familiar dan lebih dekat dengan masyarakat, sehingga tidak ada sekat antara pimpinan dengan masyarakat," ujar Bupati Dadang Supriatna.

Karena pada hakekatnya, ia mengungkapkan, Bupati itu bukanlah raja, tetapi pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat.

"Saya mulai melangkah melaksanakan program Bunga Desa sejak Januari 2022. Selain itu pasca Pilkada Bandung sudah 41 kali melaksanakan Jumat Keliling, Tujuannya agar Saya dapat menyampaikan dan menjelaskan berbagai informasi atau mensosialisasikan program kerja Pemerintah Kabupaten Bandung kepada masyarakat. Tidak semua masyarakat paham, tugas dan fungsi masing-masing Kepala Dinas. Dengan adanya Bunga Desa, sedikit demi sedikit kita sampaikan tugas dan fungsi Kepala Dinas kepada masyarakat. Salah satunya melalui informal, misalnya penyampaian atau sosialisasinya melalui kuis, karena dengan cara formal ada titik kejenuhan," Papar Bupati Bandung.

Dengan adanya sosialisasi kepada masyarakat itu, harapan Kang DS, masyarakat bisa melek informasi terkait dengan tugas dan fungsi pokok masing-masing Kepala Dinas.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])