Info Buat Pemudik: Siap-siap Macet, Jalur Pantura Banjir

Nusantaratv.com - 06 April 2024

Tangkap layar - Banjir di  jalur utama menuju pantura. (Instagram/jakarta.terkini)
Tangkap layar - Banjir di jalur utama menuju pantura. (Instagram/jakarta.terkini)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang sejak Jumat (5/4) malam hingga Sabtu menyebabkan genangan air di beberapa wilayah, termasuk di Jalan Kaligawe yang merupakan jalur utama menuju pantura. Banjir tersebut mengakibatkan sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor terjebak di jalan.

Menurut Informasi yang beredar, tinggi air mencapai sekitar 30 cm di Jalan Kaligawe, yang merupakan jalur penting menuju Demak, Kudus, Pati, dan Rembang. Kondisi paling parah terjadi di tikungan Pasar Kubro arah Jalan Kaligawe, serta di depan Rumah Sakit Islam Sultan Agung.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi, menjelaskan bahwa upaya penanganan genangan dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan pompa air untuk mengurangi volume air di jalan. 

Selain itu, pemudik yang menggunakan sepeda motor diarahkan untuk menghindari jalur pantura tersebut dengan mengalihkan rute melalui Simpang Lima dan Jalan Wolter Monginsidi.

"Pemudik akan diarahkan melalui Simpang Lima, terus sampai Jalan Wolter Monginsidi sebelum kembali lagi ke jalur pantura arah Demak," kata Yunaldi.

Kondisi ini juga berdampak pada kemacetan panjang di Jalan Arteri Yos Sudarso karena kendaraan yang mengantre saat akan melintasi genangan air. 

Pihak berwenang terus berupaya menangani situasi ini dengan memprioritaskan keselamatan pemudik serta upaya untuk memastikan lalu lintas tetap berjalan lancar di wilayah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close